Tips Membuat Judul Artikel SEO Friendly, 8 Langkah Mudah

Judul artikel atau title tag pada artikel adalah komponen terpenting dalam SEO. Judul adalah sinyal utama yang digunakan oleh google untuk menentukan relevansi sebuah artikel.

Judul SEO friendly atau yang dioptimasi untuk mesin pencari bisa memudahkan mesin pencari memahami topik utama artikel, dan menyajikannya kepada orang yang mencari topik tersebut di Halaman pencarian.

Judul Artikel yang menarik juga bisa membuat artikel Anda mendapatkan klik lebih banyak, karena pembaca tertarik dengan manfaat yang Anda tawarkan di judul. Hal ini bisa meningkatkan ranking di google dari waktu ke waktu.

Apa itu judul SEO Friendly?

Apa yang dimaksud judul SEO Friendly?

Judul SEO Friendly adalah optimasi judul artikel dengan tujuan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari dan mendapatkan klik dalam jumlah banyak.

Tujuan utama optimasi Judul SEO adalah untuk memastikan artikel bisa mendapatkan ranking di Google, dan mendapatkan klik lebih banyak dibandingkan dengan kompetitor.

Apa ciri-ciri judul Sudah SEO Friendly?

Ciri-ciri Judul sudah seo friendly adalah ketika sudah menyertakan keyword utama, panjang judul tidak melebihi batas maksimal SERP, Relevan dengan masalah pembaca, dan menjelaskan isi artikel dengan tepat.

Bagaimana cara optimasi  Judul Agar SEO Friendly?

Bagaimana Cara Optimasi Judul SEO

1. Letakan Keyword di Awal judul

Peletakan keyword di judul yang disarankan adalah di awal judul, dengan meletakan keyword utama di awal judul akan membuat pembaca bisa langsung memahami bahwa artikel tersebut relevan dengan apa yang dicari.

Peletakan keyword di ahir judul bisa menyebabkan ranking di SERP tidak maksimal.

Penggunaan keyword sama persis (exact match keyword) di judul lebih disarankan, agar relevansi judul bisa maksimal. Meskipun google bisa memahami sinonim dari topik utama judul, namun penggunaan keyword sama persis bisa lebih memudahkan pembaca.

Jika judul Anda masih terlalu pendek, Anda bisa memasukan Keyword turunan Anda di judul. Memasukan keyword turunan di judul bisa membantu artikel untuk mendapatkan ranking di keyword utama dan keyword turunan. Cara terbaik untuk meletakan keyword turunan di judul adalah hanya menggunakan kata yang belum masuk di keyword utama.

Hindari memasukan banyak keyword turunan di judul, karena hal tersebut bisa melanggar ketentuan google penjejalan kata kunci.

Awalan judul boleh bukan berupa keyword utama, namun awalan tersebut bisa adalah kata tanya, kata sambung atau angka. Keyword utama harus tetap menjadi subyek utama judu.  

#Contoh

2. Pastikan Panjang Judul Sesuai Standar SEO

Panjang judul maksimal adalah 50 sampai 70 huruf, atau 575 piksel. Judul yang terlalu panjang bisa menyebabkan sebagian judul tidak terlihat di hasil pencarian.

Tidak ada panjang minimum judul artikel yang SEO friendly, namun penggunakan judul yang sangat pendek bisa membuat judul tidak menarik pembaca. Panjang minimum judul SEO yang disarankan adalah 30 huruf atau 285 pixel.

Untuk memudahkan optimasi panjang judul, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Plugin tersebut bisa menampilkan preview judul Anda di mesin pencari. Anda bisa melihat apakah judul Anda sudah terlalu panjang atau tidak.

#gambar yoast

Jika Anda tidak bisa menggunakan yoast SEO, Anda bisa menggunakan SERP preview tool.

#Gambar serp preview tool in action

3. Judul harus mendeskripsikan isi konten

Judul Anda harus relevan dan mendeskripsikan isi artikel, maksudnya adalah judul artikel harus menggambarkan topik-topik utama yang banyak dibahas di dalam artikel. Jangan memasukan kata yang bukan topik utama di artikel.  

Jika Anda ingin memasukan keyword utama dan keyword turunan di judul, Anda harus memastikan bahwa mayoritas artikel Anda memang membahas topik sesuai keyword utama, dan keyword turunan tersebut.

Memasukan kata pada judul yang tidak mendeskripsikan isi artikel, bisa menyebabkan google mengubah judul artikel di hasil pencarian. Google akan mengubah judul sesuai dengan yang dianggap menggambarkan isi artikel.

Bagaimana cara memastikan bahwa judul sudah sesuai isi artikel?

Anda bisa menggunakan chatgpt untuk membantu Anda mengecek apakah judul artikel sudah relevan atau belum dengan isi artikel. Atau Anda bisa memastikan sebagian besar attribute yang ada di artikel adalah attribut dari entity di judul.

4. Optimasi judul agar klik Tinggi

Optimasi klik judul artikel sangat penting untuk SEO, karena CTR (click through rate) adalah sinyal utama kepuasan pembaca. Jika jumlah pembaca yang klik judul artikel Anda lebih sedikit dari CTR standar, itu adalah indikasi bahwa judul artikel Anda tidak relevan dengan kebutuhan pembaca.  

Bahkan pada kebocoran data api google, klik di hasil pencarian adalah salah satu faktor yang menentukan ranking, sinyal tersebut disebut navboost.

Untuk bisa mendapatkan judul dengan klik tinggi Anda harus membuat judul Anda relevan, dan menawarkan informasi yang paling dibutuhkan pembaca. Dan harus lebih menarik dibandingkan kompetitor.

  • Analisa kebutuhan pembaca / intent utama pembaca
  • Analisa hal yang apa saja paling dibutuhkan pembaca
  • Lihat apa yang ditawarkan di judul kompetitor
  • Apa yang bisa Anda tawarkan untuk pembaca

Anda bisa menggunakan Google SERP Extractor tool untuk memudahkan analisa.

Rumus untuk membuat Judul yang menarik :

Keyword utama + Penawaran ke konsumen

Contoh peletakan penawaran setelah keyword :

  • Cara Membuat Artikel SEO + Mudah
  • Cara membuat artikel SEO + yang disukai google
  • Cara membuat artikel SEO + Untuk Algoritma 2024
  • Cara membuat Artikel SEO + Relevansi tinggi
  • Cara membuat artikel SEO + Agar Traffic Naik
  • Cara membuat artikel SEO + Dijamin Halaman Satu
  • Cara membuat artikel SEO + Untuk Pemula

Anda harus memastikan artikel Anda benar-benar sesuai dengan yang Anda tawarkan ke pembaca. Jika judul Anda tidak mendapatkan CTR sesuai harapan, Anda bisa mengedit penawaran Anda di judul artikel.

5. Pastikan Judul tidak Sama dengan Kompetitor

Penggunaan judul yang sama persis dengan kompetitor bisa menyebabkan artikel Anda tidak muncul di halaman 1 google, akibat dikanonikal oleh google.

Google akan menganggap artikel Anda sama dengan kompetitor. Dan hanya akan mengambil salah satu untuk mewakili.

Google cenderung menyajikan judul dengan sudut pandang-sudut pandang berbeda di halaman penelusuran. Dengan cara itu google bisa memuaskan lebih banyak orang dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

Untuk memudahkan analisa judul di halaman pencarian google, Anda bisa menggunakan extension chrome Google SERP Extractor Tool.

  • Ekstrak semua judul di halaman pencarian google
  • Cari apakah judul Anda sama dengan kompetitor menggunakan ctrl + F
  • Cek sudut pandang yang ditawarkan oleh kompetitor

Jika judul yang Anda ingin buat sudah digunakan oleh kompetitor, dan kompetitor tersebut artikelnya sudah memuaskan dan mendapatkan ranking tinggi, maka sebaiknya Anda menggunakan judul dengan sudut pandang lain.

6. Hindari penjejalan kata kunci

Penjejalan kata kunci pada judul artikel adalah metode yang dilarang oleh google, Metode penjejalan kata kunci disebut juga keyword stuffing. Praktik ini biasanya digunakan untuk mengoptimasi artikel agar bisa merangking banyak kata kunci sekaligus.

Contoh penjejalan kata kunci pada judul SEO adalah sebagai berikut :

  • Cara membuat artikel SEO : Pemula, Mudah, Blog, Website, friendly
  • Cara membuat judul SEO friendly : website, Blog, Ecommerce, Forum
  • Cara membuat judul SEO, Judul SEO Website, Judul SEO Ecommerce

Penjejalan kata kunci sebenarnya tidak masalah jika di dalam artikel semuanya dibahas dan porsinya tinggi dan relevansinya tinggi, dan tidak terlalu banyak.

7. Gunakan bahasa yang sama dengan isi artikel

Bahasa yang digunakan di judul harus sama dengan yang digunakan di dalam artikel. Jika artikel Anda berbahasa Indonesia, maka judul Anda juga harus menggunakan bahasa Indonesia.

Penggunaan bahasa yang sama baik di judul dan di artikel bisa memudahkan pembaca untuk memahami konten. Sebisa mungkin hindari penggunaan istilah berbahasa lain di judul, kecuali istilah tersebut sudah  menjadi istilah umum.

8. Bandingkan judul Anda dengan kompetitor

Langkah terahir dalam optimasi judul artikel agar SEO friendly adalah dengan membandingkan judul Anda dengan kompetitor di Halaman pencarian.

Membandingkan judul Anda dengan kompetitor di SERP dapat digunakan untuk menilai apakah judul Anda sudah lebih menarik dibandingkan dengan kompetitor. Hal ini untuk memastikan judul Anda bisa mendapatkan klik lebih tinggi dibandingkan kompetitor.

Performa judul artikel seo yang baik bisa meningkatkan ranking dari waktu ke waktu.

Tanya Jawab Tentang Judul SEO

Apakah Judul SEO harus sama Dengan H1?

Praktik terbaik adalah menyamakan Judul dan H1. penggunaan Judul SEO dan H1 yang tidak sama bisa menyebabkan google mengubah tampilan judul di hasil pencarian sesuai dengan topik yang dianggap google paling relevan.

Judul Artikel atau title tag <title> adalah apa yang akan muncul di halaman pencarian, sedangkan H1 adalah judul yang ada di halaman artikel.

Apa tool AI yang bisa digunakan untuk membuat judul SEO?

Anda bisa menggunakan ChatGPT atau ahrefs AI Title Generator untuk membuat judul SEO Friendly. Namun disarankan untuk menggunakananalisa Anda untuk menentukan judul SEO, tool AI hanya berguna sebagai pembuat ide.

Apa Plugin wordpress untuk membuat judul SEO friendly?

Plugin wordpress seperti Yoast dan RankMath bisa Anda gunakan untuk membantu Anda membuat judul yang SEO friendly, namun plugin tersebut hanya menyarankan panjang dan pendek judul Anda.

Plugin Yoast dan Rankmath tidak bisa digunakan untuk mengecek apakah judul Anda lebih baik dibandingkan kompetitor.

Sumber :

  • https://support.google.com/merchants/answer/6324415?hl=id
  • https://developers.google.com/search/docs/appearance/title-link?hl=id
  • https://zyppy-com.translate.goog/seo/title-tags/meta-title-tag-length

Dapatkan Sekarang

Pelatihan : Pemilihan Lokasi Usaha yang strategis

Pemilihan lokasi usaha sangat berpengaruh pada penjualan produk anda, Pada pelatihan ini anda akan mengetahui bagaimana cara menganalisa kelayakan sebuah lokasi usaha