Cara Memulai Usaha Agen Telur Ayam Yang Ramai Pembeli

Memulai Usaha

Usaha agen telur cukup potensial karena tingginya permintaan telur di Indonesia. Setiap keluarga dan rumah membutuhkan telur setiap hari. Modal yang dibutuhkan pun terjangkau bisa dimulai dari Rp. 300.000 sampai Rp. 2.000.000. Dan jika Anda ingin menjadi agen telur besar modal yang dibutuhkan bisa mencapai Rp. 21.000.000.

Dalam usaha agen telur, Fokus utama adalah memilih lokasi yang tepat dan menarik banyak pelanggan.

Semakin banyak pelanggan, semakin menguntungkan bisnis agen telur ayam Anda.

Berikut adalah panduan untuk memulai usaha agen telur ayam:

1. Pilih Lokasi strategis dan padat penduduk

Memilih lokasi usaha untuk usaha agen telur adalah hal yang paling penting, karena ini akan menentukan seberapa banyak orang yang akan membeli telur di usaha Anda. Berikut ini adalah kriteria lokasi yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih lokasi usaha agen telur :

  • Lokasi usaha harus padat penduduk, setidaknya harus ada minimal 400 rumah pada radius 300 meter dari lokasi usaha
  • Persaingan usaha tidak tinggi, setidaknya dalam radius 400 meter tidak ada usaha agen telur lain.
  • Lokasi usaha mudah dijangkau oleh warga sekitar
  • Lokasi usaha harus terlihat dari jalanan dan mudah ditemukan
  • Lokasi dekat dengan produsen kue, dan warung makan.

Kepadatan penduduk di sekitar lokasi usaha sangat menentukan penjualan telur Anda, semakin padat sebuah lokasi, maka permintaan telur juga akan meningkat. Dan sebaliknya, jika sebuah lokasi memiliki sedikit penduduk, permintaan telur juga akan semakin sedikit.

Memilih lokasi yang dekat dengan produsen kue dan warung makan juga bisa menguntungkan, karena kebutuhan telur produsen kue dan warung lebih tinggi dibandingkan dengan penduduk biasa.  

Anda bisa mengikuti “Pelatihan Pemilihan Lokasi Usaha” untuk menemukan lokasi usaha yang potensial untuk usaha agen telur Anda, daftar di bawah ini :

2. Lakukan Riset Kebutuhan telur

Analisa kebutuhan telur di Sekitar Lokasi

Melakukan riset kebutuhan telur adalah hal yang penting sebelum membuka usaha agen telur. Tujuan dari riset kebutuhan telur adalah untuk mengetahui apakah permintaan telur di lokasi usaha tinggi atau tidak.

Cara melakukan riset kebutuhan telur adalah sebagai berikut :

Cek berapa Kepadatan penduduk di sekitar lokasi usaha

Semakin kepadatan penduduk di sekitar lokasi, maka permintaan telur akan semakin tinggi

Cek kebiasaan penduduk sekitar dalam berbelanja

Kebutuhan telur bisa diperkirakan dengan menganalisis kebiasaan belanja penduduk di sekitar lokasi usaha. Jika kebanyakan penduduk berbelanja dan memasak sendiri setiap hari, maka permintaan telur akan tinggi. sebaliknya jika kebanyakan penduduk tidak berbelanja dan lebih sering makan di warung, maka kemungkinan kebutuhan telur di tempat tersebut lebih rendah.

Untuk melihat kebiasaan penduduk berbelanja telur, Anda bisa cek toko sayur di daerah tersebut, jika setiap hari ramai, maka kebanyakan penduduk membutuhkan telur setiap hari.

Cek jumlah pengusaha kue, warung makan dan toko kelontong

Permintaan telur bisa dicek dengan melihat seberapa banyak jumlah pengusaha kue, warung makan, dan toko kelontong di sekitar lokasi usaha. jika jumlahnya banyak maka lokasi tersebut memiliki permintaan telur yang lebih tinggi.

3. Lakukan kerja sama dengan Supplier Telur Terpercaya

Lakukan kerja sama dengan supplier telur yang terpercaya. Pastikan Anda memilih supplier telur yang bisa menyediakan telur dengan harga pasaran yang baik, dan juga kualitas yang baik. Usahakan bekerja sama dengan supplier telur yang besar, karena biasanya supplier telur besar memiliki perputaran telur yang tinggi, hal tersebut bisa membuat harga telur lebih rendah dan kualitas telur selalu segar.

Ketika memilih supplier telur, silahkan perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Supplier telur menjual dengan harga pasaran yang wajar
  • Supplier telur memiliki reputasi yang baik
  • Supplier telur bertanggung jawab jika ada barang rusak
  • Supplier telur dekat dengan lokasi Anda, agar biaya pengiriman telur murah
  • Supplier memiliki stok telur yang banyak, agar Anda selalu mendapatkan stok telur

Jika Anda bisa mendapatkan supplier telur yang terpercaya, Anda bisa memastikan telur Anda selalu segar, harga telur yang stabil, dan telur selalu tersedia bahkan ketika permintaan tinggi.

Anda juga bisa memiliki beberapa supplier telur sekaligus, sebagai pembanding harga. Anda bisa mengambil telur di supplier yang menjual dengan harga lebih rendah dan memiliki kualitas yang bagus.

Berikut ini adalah daftar supplier telur di beberapa kota besar di Indonesia :

Lokasi SupplierNamaTelepon
DKI JakartaSupplier telur Hen Hen0856-9154-7346
Jakarta SelatanAGEN TELUR ALVARO JAYA 010813-8872-7222
SurabayaUD. Karunia Indah0822-4557-7070
MalangTelur Horn Malang0812 8186 2544
BlitarUD Sumber Rejeki PS081234560191
TangerangFarm Wijaya0821-2393-3225

4. Menentukan Harga jual telur

Anda harus menentukan harga telur setiap hari dengan cara melihat harga update telur, setiap hari. Setiap daerah memiliki harga telur berbeda-beda, anda harus memastikan harga telur anda terus update.

Anda juga bisa memberikan harga khusus untuk pembelian telur partai besar, atau pembelian telur untuk produksi, misal untuk produsen kue atau untuk untuk toko kelontong.

5. Jaga Kualitas Telur

Anda harus selalu menjaga kualitas telur yang anda jual, sehingga setiap pembeli di usaha agen telur anda selalu mendapatkan telur yang segar dan baru.

Gunakan strategi First in First Out untuk penjualan telur anda, di mana telur yang datang lebih dulu harus dijual lebih dulu, dan telur yang datang belakangan dijual belakangan. Strategi ini bisa Untuk menjaga agar telur yang anda jual selalu dalam keadaan baik

Untuk menjaga kualitas telur, Jangan menyimpan stok telur terlalu banyak. Karena jika stok terlalu banyak, maka akan ada banyak telur yang tidak terjual dalam waktu yang lama, hal tersebut bisa mengurangi kesegaran telur yang dijual.

Jika masih awal buka, sediakan stok telur secukupnya saja, sehingga stok telur anda selalu habis. Dan setelah usaha agen telur anda berjalan, anda bisa menyesuaikan stok telur anda dengan permintaan pasar setiap hari.

Anda juga bisa menawarkan sistem pre order untuk pelanggan usaha agen telur anda, hal tersebut bertujuan agar mereka bisa mendapatkan telur yang segar dan dalam jumlah yang sesuai kebutuhan.

6. Lakukan promosi ke Penduduk dan Toko Sekitar

Lakukan promosi ke penduduk dan toko di sekitar usaha agen telur anda, hal ini bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Ada beberapa cara promosi yang bisa anda lakukan, antara lain :

  • Mendatangi toko sembako dan sayur
  • Tawarkan pada mereka untuk berlangganan kulak telur di usaha agen telur anda, anda bisa menawarkan harga yang lebih murah, dan telur bisa diantar secara gratis.
  • Datangi produsen kue dan warung makan
  • Tawarkan produk anda di toko kue dan warung makan di sekitar lokasi, anda bisa menawarkan harga lebih rendah untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Dan juga layanan pengiriman telur.
  • Pasang banner Promosi yang jelas di depan tempat usaha anda. Sehingga orang yang lewat tau jika anda membuka usaha agen telur di tempat tersebut.
  • Sebar brosur promosi ke warga sekitar.
  • Dengan menyebar brosur agen telur, anda bisa memastikan bahwa setiap orang di sekitar lokasi usaha anda mengetahui bahwa anda menyediakan telur yang bagus dengan harga terjangkau.

Rekomendasi Daftar Alat Promosi

Cetak BannerLihat harga
Jasa Desain BannerLihat Biaya

7. Puaskan Pembeli Agar Menjadi Pelanggan Tetap

Usaha agen telur anda harus bisa memuaskan para pembeli. Agar para pembeli kembali membeli telur di usaha anda, dan menjadi pelanggan tetap usaha anda.

Berikut hal yang perlu anda perhatikan agar pembeli merasa puas

  • Harga telur di usaha anda lebih murah dibandingkan di lokasi lain
  • Telur yang anda jual selalu baru dan berkualitas bagus
  • Stok telur selalu tersedia
  • Pelayanan anda ramah
  • Pelayanan Cepat

Apabila pelanggan agen telur anda puas dengan pelayanan anda, maka pelanggan tersebut akan kembali membeli pada anda dan menjadi pelanggan tetap.


Kredibilitas kami dalam Bisnis ?

Carabisnis.id dikelola oleh ibnu Aqil, yang sudah berpengalaman 7 Tahun dalam bisnis kuliner dan pemasaran online. Usaha yang sudah pernah dijalankan antara lain : Unique cafe and merchandise, Ayam Bakar Juragan, Pukis Maduu, dan Detak Digital Internet Marketing. Berpengalaman merekrut dan memimpin lebih dari 15 karyawan.

Dapatkan Sekarang

Pelatihan : Pemilihan Lokasi Usaha yang strategis

Pemilihan lokasi usaha sangat berpengaruh pada penjualan produk anda, Pada pelatihan ini anda akan mengetahui bagaimana cara menganalisa kelayakan sebuah lokasi usaha