Proposal Usaha Keripik Wortel (Download DOC & PDF)

Proposal Usaha Keripik Wortel – Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin A sehingga baik untuk kesehatan mata. Wortel biasanya diolah hanya dalam bentuk masakan kuah.

Tidak banyak orang tahu bahwa sayuran ini juga dapat diolah menjadi camilan yang sehat dan lezat, yaitu keripik wortel. Usaha keripik wortel merupakan salah satu usaha yang belum banyak dilakukan oleh orang-orang.

Sehingga, jika Anda melakukan usaha tersebut, kemungkinan usaha Anda dapat berkembang sangatlah tinggi.

Untuk Anda yang ingin memulai usaha, Anda dapat melihat rancangan usaha pada Proposal Usaha Keripik Wortel berikut.

Untuk pembahasan lebih rinci mengenai usaha keripik wortel, simak artikel berikut.

Daftar Isi:

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, wortel juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat wortel bagi tubuh.

  • Dapat menjaga kesehatan mata.
  • Menstabilkan kadar gula darah.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Mengurangi resiko kanker.
  • Menjaga pencernaan.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Mencegah obesitas.

Perencanaan Manajemen Usaha Keripik Wortel

Perencanaan manajemen usaha adalah perencanaan usaha terkait pembagian dana, produksi, strategi pemasaran, dsb.

Biasanya, orang yang baru memulai bisnisnya dan memiliki keterbatasan dana, akan mengurus seluruh kegiatan usahanya sendiri, mulai dari foto katalog, strategi pemasaran, dan produksi. Walau dikerjakan sendiri, Anda tetap perlu mengetahui pembagian dan porsi untuk setiap komponen usaha Anda, terutama perihal pembagian dana.

Pembagian yang baik untuk dana memiliki perbandingan 40:40:20. Maksudnya adalah 40% dari modal digunakan untuk produksi, 40% untuk operasional, dan 20% untuk advertising (promosi).

Cara Membangun Branding Pada Produk Keripik Wortel

Keunikan dan kekhasan keripik biasanya terletak pada tingkat ketipisan keripik, tingkat kerenyahan keripik, dan ragam varian rasa pada keripik.

Jadi, agar Anda tidak kalah dengan pengusaha keripik wortel lainnya, Anda perlu memperbaiki struktur dan rasa keripik Anda terlebih dahulu. Anda dapat menambahkan rasa yang bervariasi dan unik, contohnya adalah ‘keripik wortel rasa gulai’.

 Setelah produk berkualitas, Anda juga perlu membangun branding yang khas pada produk keripik Anda. Anda dapat membuat cerita dibalik produk keripik wortel Anda. Contohnya adalah “Keripik Wortel ini dibuat dengan racikan bumbu turun-temurun dan diuji selama 100 kali percobaan”.

Setelah melakukan demikian, Anda juga perlu mengikuti event seperti flash sale, promo tanggal kembar, dll.

Contoh Proposal Usaha Keripik Wortel

Untuk Anda yang ingin mendapatkan Contoh proposal dalam bentuk DOC maupun PDF, Anda dapat mendownload melalui tombol berikut.

PROPOSAL USAHA

“KERIPIK WORTEL”

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Wortel adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling banyak digunakan di aneka  menu makanan, terutama sayuran. Sayuran yang identik dengan warna oranye ini memiliki tekstur yang renyah dan juga rasa yang sedikit manis. Wortel memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, terutama vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, masih ada juga orang yang tidak menyukai wortel, terutama anak kecil. Karena wortel memang paling sering disajikan berupa menu sayuran, sehingga banyak anak kecil yang tidak suka makan wortel. Padahal justru kandungan vitamin yang ada pada wortel akan sangat bermanfaat bagi tumbuh dan kembang anak.

Hal inilah yang membuat kami berinovasi untuk membuat olahan dari wortel yang bisa disukai oleh banyak kalangan, terutama bagi anak-anak, yaitu dengan cara membuat usaha makanan ringan dengan produk “Keripik Wortel”. Dengan adanya usaha “Keripik Wortel” ini, diharapkan orang-orang yang tidak suka dengan sayur wortel tetap bisa menikmatinya.

Konsep Usaha

Konsep usaha ini adalah usaha yang menjual makanan ringan atau camilan dengan “Keripik Wortel” sebagai produknya. Produk ini kami jual dengan cara offline dan juga online. Penjualan secara offline dilakukan dengan menjual produk di etalase depan rumah dengan jam operasional pukul 09.00 – 20.00. Sedangkan untuk penjualan online dilakukan dengan memposting foto produk di platform jual beli online.

Visi dan Misi Usaha
Visi

Menjadikan “Keripik Wortel” sebagai makanan ringan yang menyehatkan sehingga banyak orang yang menyukainya.

Misi
  • Menjadikan “Keripik Wortel” sebagai camilan menyehatkan yang bisa diterima masyarakat di berbagai kalangan.
  • Menciptakan usaha makanan ringan yang bersih dan menyehatkan.
  • Menyajikan produk makanan ringan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan Usaha

Usaha ini didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan makanan ringan yang menyehatkan dengan menyajikan produk yang terbuat dari sayuran. Selain itu, usaha ini juga digunakan sebagai salah satu langkah untuk mengambil peluang usaha yang ada.

BAB II

GAMBARAN UMUM USAHA DAN PRODUK

Nama Usaha

Usaha yang akan kami jalankan ini adalah usaha makanan ringan “Keripik Wortel”. Produk “Keripik Wortel” yang kami jual merupakan salah satu jenis makanan ringan yang sehat karena terbuat dari sayuran.

Jenis Usaha

Usaha “Keripik Wortel” ini bergerak di bidang makanan ringan atau camilan.

Jenis Produk
Jenis produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah “Keripik Wortel”
Proses Produksi
Bahan Baku
  • 1 kg Wortel
  • 1 kg tepung terigu
  • ½ ons bawang putih
  • ½ ons bawang merah
  • 1 ons garam dapur
  • 20 gram penyedap rasa
  • 50 gram gula
  • Ketumbar secukupnya
Cara Pembuatan
  1. Campurkan tepung terigu dan juga semua bumbu yang sudah halus, kemudian beri sedikit air dan aduk hingga rata.
  2. Kupas wortel hingga bersih dari kulitnya, kemudian blender hingga halus.
  3. Masukkan wortel yang sudah dihaluskan ke dalam adonan tepung tadi, kemudian aduk hingga rata.
  4. Kukus adonan tadi kurang lebih selama 1 jam, kemudian angkat dan dinginkan adonan selama kurang lebih 24 jam.
  5. Setelah adonan dingin dan mengeras, potong tipis-tipis adonan agar bisa mengembang dengan sempurna saat digoreng.
  6. Jemur potongan keripik tersebut di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  7. Setelah kering, goreng keripik tersebut ke dalam minyak panas hingga kecoklatan.
  8. Setelah matang, angkat kemudian tiriskan.
Keunggulan dan Kelemahan Produk
Keunggulan Produk
  • Bahan baku mudah diperoleh.
  • Kualitas produk dan cita rasa yang khas dan unik.
  • Belum ada produk yang sejenis di lokasi pendirian usaha.
  • Harga jual yang murah.
  • Target pasar di berbagai kalangan.
  • Permintaan konsumen terus meningkat.       
Kelemahan Produk
  • Lingkup promosi masih kecil
  • Produk tidak tahan lama karena tidak mengandung pengawet
  • Munculnya produk sejenis dengan harga yang lebih murah.

BAB III

PEMASARAN PRODUK

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran untuk produk “Keripik Wortel” ini dilakukan dengan dua cara, yaitu online dan offline. Untuk strategi pemasaran offline, dilakukan dengan cara membuka etalase di depan rumah. Kebetulan rumah untuk usaha ini berada di lokasi yang strategis sehingga mudah ditemukan.

Sedangkan strategi pemasaran secara online, kami menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp sebagai sarana promosi. Kami juga menjual produK “Keripik Wortel” ini melalui toko jual beli online seperti Shopee dan Tokopedia.

Harga Jual Produk

Harga jual produk ini adalah Rp. 10.000/pcs. Penentuan harga jual “Keripik Wortel” tersebut didasarkan pada penghitungan seluruh biaya produksi dan juga laba yang ingin dicapai.

Target Pasar

Target pasar usaha “Keripik Wortel” ini adalah seluruh lapisan masyarakat di berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Lokasi Penjualan

Penjualan produk “Keripik Wortel” dilakukan dengan 2 cara, yaitu online dan juga offline. Untuk penjualan secara online dilakukan melalui sosial media seperti facebook dan instagram, serta toko online shop seperti Shopee dan Tokopedia.

Sedangkan untuk penjualan secara offline dilakukan di depan rumah. Lokasi usaha ini berada di dekat pasar sehingga sangat strategis dan mudah ditemukan.

Waktu Penjualan

Untuk jam operasional di rumah adalah Hari Senin – Minggu pukul 08.00 – 21.00. sedangkan untuk pembelian secara online, pesanan akan dikolektif hingga pukul 14.00 dan akan langsung dikirim hari itu juga. Sedangkan pesanan yang melebihi pukul 14.00 akan dikirim keesokan harinya.

Ancaman Usaha

Setiap usaha pasti memiliki resiko, begitupun juga usaha “Keripik Wortel” ini. Ancaman usaha “Keripik Wortel” ini adalah munculnya banyak pesaing dengan produk yang sama. Namun hal tersebut tentunya tidak menyurutkan kami dalam menjalankan usaha ini. Dengan menjaga kualitas produk dan juga penggunaan strategi promosi yang baik, diharapkan usaha “Keripik Wortel” ini mampu terus bertahan dan berkembang dengan baik.

BAB IV

ANALISA BIAYA

Modal Awal
NoKeteranganHarga
1Kompor Rp     900.000
2Penggorengan Rp     100.000
3Peralatan penggorengan Rp     100.000
4Baskom Rp        90.000
5Pisau Rp        20.000
6Talenan Rp        40.000
7Etalase Rp  1.300.000
 Jumlah Rp  2.550.000
Peralatan
NoKeteranganKuantitasHarga SatuanHarga
1Mesin peniris minyak1 buah Rp 1.000.000 Rp   1.000.000
2Plastik bungkus5 pack Rp      20.000 Rp       100.000
3Pengukus1 buah Rp      50.000 Rp         50.000
 Jumlah   Rp   1.150.000
Biaya Operasional per Bulan
NoKeteranganHarga
1Listrik Rp     150.000
2Air Rp     200.000
3Gas Rp     150.000
4Transportasi Rp     400.000
5Pengeluaran tak terduga Rp     200.000
 Jumlah Rp  1.100.000
Biaya Bahan Baku
NoKeteranganKuantitasHarga SatuanHarga
1Wortel30 kg Rp        20.000 Rp       600.000
2Garam30  pack Rp          3.000 Rp         60.000
3Bawang merah10 kg Rp        30.000 Rp       300.000
4Bawang putih10 kg Rp        25.000 Rp       250.000
5Tepung terigu30 kg Rp          8.000 Rp       240.000
6Gula2 kg Rp        12.000 Rp         24.000
7Ketumbar bubuk15 pack Rp          4.000 Rp         60.000
8Penyedap rasa3 renceng Rp          5.000 Rp         15.000
 Jumlah   Rp   1.549.000
Total Modal

                Modal + Peralatan + Biaya Operasional + Biaya Bahan Baku

                = Rp. 2.550.000 + Rp. 1.100.000 + Rp. 1.100.000 + Rp. 1.549.000

                = Rp. 6.349.000

Prediksi Pendapatan per Bulan

                Penjualan “Keripik Wortel” per hari = 25 pcs

                Harga per produk = Rp. 10.000/pcs

                Penjualan perbulan          = 25 pcs x 30 hari

                                                                = 750 pcs

                Pendapatan per bulan   = 750 pcs x Rp. 10.000

                                                                = Rp. 7.500.000 

Prediksi Laba/Rugi per Bulan

                Penjualan – (total modal + biaya)

                = Rp. 7.500.000 – Rp. 6.349.000

                = Rp. 1.151.000

Payback Periode (PBP) atau Jangka Waktu Balik Modal

                Total modal : laba bersih

                = Rp. 6.349.000 : Rp. 1.151.000

                = 5 – 6 bulan

BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Mendirikan usaha merupakan salah satu cara yg bisa dilakukan untuk memperoleh pemasukan berupa keuntungan dari hasil penjualan. Usaha yang didirikan pun bisa berbagai macam mulai dari usaha jasa maupun dagang.

Sekarang ini, banyak orang yang mencoba peruntungan membuka usaha dengan produk makanan ringan. Hal tersebut tentunya sesuai dengan permintaan pasar akan kebutuhan makanan ringan yang terus meningkat. Salah satu jenis makanan ringan yang banyak dijadikan peluang usaha adalah makanan keripik, salah satunya adalah keripik wortel

Usaha “Keripik Wortel” yang kami jual ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Meskipun lingkup usaha dan pemasaran yang masih kecil, namun permintaan pasar akan camilan “Keripik Wortel” ini terus meningkat. Dengan menjaga kualitas produk dan juga penerapan strategi pemasaran yang baik, maka diharapkan usaha “Keripik Wortel” ini mampu terus berkembang.