Proposal Usaha Keripik Pangsit (Download DOC & PDF)

Proposal Usaha Keripik Pangsit – pangsit merupakan makanan yang berasal dari Tionghoa sejak Zaman Dinasti Tang. Namun, olahan makanan pangsit ini sudah banyak ditemui di Indonesia.

Tak hanya mudah diolah, keripik pangsit juga memiliki cita rasa yang cocok dengan lidah Indonesia. Hal ini membuat peluang usaha yang besar dengan kompetitor yang cukup banyak pula.

Namun, jika Anda dapat menjadikan usaha keripik pangsit Anda bercita rasa yang khas yang tidak dimiliki kompetitor lainnya, maka usaha tersebut akan berkembang dengan pesat.

Jika sudah demikian, usaha keripik pangsit akan membutuhkan biaya produksi tambahan. Hal ini dapat Anda atasi dengan cara mencari investor yang dapat membantu pendanaan produk Anda.

Berikut proposal usaha keripik pangsit yang dapat Anda gunakan untuk pengajuan dana pada investor. Proposal ini dapat Anda download, baik dalam bentuk DOC maupun PDF.

Untuk pembahasan yang lebih detail mengenai usaha keripik pangsit, simak artikel berikut.

Daftar Isi:

Kelemahan Usaha Keripik Pangsit

Karena pengolahan keripik pangsit yang cukup mudah, menjadikan hampir semua orang dapat mengolah dan membuat usaha keripik pangsit itu sendiri.

Tak hanya itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pengolahan keripik pangsit juga sangat mudah di cari. Usaha keripik pangsit itu sendiri, akan membutuhkan dana produksi yang cukup sedikit dengan keuntungan yang sangat banyak.

Hal ini membuat banyak orang berbondong-bondong untuk membuat usaha keripik pangsit. Sehingga, sebagian orang berpikir saat akan menjalankan bisnis tersebut. Apakah bisnis tersebut dapat terjual dengan baik? Ataukah bisnis tersebut akan kalah dengan pesaing yang memiliki budget yang lebih besar?

Cara Mengatasi Faktor-faktor Kelemahan Usaha Keripik Pangsit

Untuk mengurangi resiko kerugian dalam berbisnis, sebelum Anda memulai bisnis tersebut Anda harus melakukan riset produk atau biasa dikenal dengan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Anda perlu membeli produk-produk keripik pangsit di kompetitor lain. Analisa kelebihan dan kekurangan pada produk tersebut. Jika sudah menemukan kelebihan dan kekurangannya, Anda perlu meniru kelebihan dan modifikasi kekurangan pada produk tersebut.

Rasa yang didapat dari keripik pangsit sangat bergantung pada komposisi bumbu yang digunakannya. Tak hanya itu, varian rasa yang banyak, akan menjadikan nilai tambah di mata para konsumen.

Segmentasi Pasar Usaha Keripik Pangsit

Segmentasi atau biasa dikenal dengan pengelompokan konsumen sangat diperlukan dalam memperbesar penjualan. Sebelum Anda menentukan segmen pasar, Anda perlu menentukan target laba terlebih dahulu.

Jika target keuntungan Anda hanya berkisar 2-5 juta, maka segmentasi pasar yang harus Anda jangkau hanya menitipkan produk di beberapa toko, menjual melalui lapak online pribadi, dan menjual kepada keluarga dan teman sekitar.

Namun, jika target keuntungan cukup besar, maka Anda perlu memperbesar segmentasi pasar penjualan keripik pangsit tersebut. Anda dapat memperbesarnya dengan cara promosi menggunakan facebook ads, instagram ads, atau lainnya.

Semakin besar segmentasi pasar yang Anda buat, maka akan semakin besar pula permintaan produk keripik pangsit tersebut. Hal ini akan menjadikan biaya produksi keripik pangsit semakin meningkat, sehingga membutuhkan biaya produksi tambahan.

Harga Keripik Pangsit 1 Kg

Jika Anda masih meragukan besar keuntungan yang akan didapatkan dalam menjalankan usaha keripik pangsit, Anda dapat melihat harga keripik pangsit 1 kg nya melalui belanja online.

Rata-rata, harga 1 kg keripik pangsit berkisar antara Rp30.000 – Rp40.000. Padahal biaya produksi 1 kg keripik pangsit hanya berkisar antara Rp20.000-Rp25.000. Jadi, 1 kg keripik pangsit akan menghasilkan keuntungan sebesar Rp5.000 – Rp15.000.

Contoh Proposal Usaha Keripik Pangsit

Untuk Anda yang ingin mengakses proposal dalam bentuk DOC atau PDF, Anda dapat mendownloadnya melalui tombol berikut.

PROPOSAL USAHA

“KERIPIK PANGSIT” All Varian

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Keripik pangsit merupakan salah satu jenis camilan dengan cita rasa yang gurih dan renyah. Tidak heran jika keripik pangsit ini disukai oleh banyak kalangan. Selain digunakan sebagai camilan, keripik pangsit biasanya juga digunakan sebagai pelengkap berbagai sajian makanan seperti mie ayam, bakso, soto, dan lain-lain.

Karena peminat keripik pangsit yang banyak mulai dari kalangan remaja hingga dewasa, hal ini tentunya membuat para pelaku usaha memiliki peluang yang terbuka lebar. Cara pengolahan keripik pangsit ini pun terbilang cukup mudah, karena sudah tersedia keripik pangsit di pasaran dan tinggal menggorengnya saja. Harga jualnya pun cukup murah, sehingga diharapkan mampu menarik minat konsumen di berbagai kalangan.

Hal inilah yang mendorong kami untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam mendirikan usaha makanan ringan keripik pangsit dengan nama “Keripik Pangsit” All Varian. Meskipun sudah banyak penjual keripik pangsit di pasaran, namun kami mencoba membuat inovasi keripik pangsit dengan cita rasa yang lebih khas, yaitu dengan menambahkan bumbu dengan berbagai macam rasa yaitu original, pedas, manis, balado, dan sapi panggang yang membuatnya lebih unggul dari keripik pangsit lainnya.

Konsep Usaha

“Keripik Pangsit” All Varian yang kami jual ini adalah keripik pangsit yang digoreng dan diberi bumbu dengan berbagai macam rasa. Produk kami dijual dengan cara online yaitu melalui facebook, instagram, tokopedia, shopee, dan juga whatsapp. Selain untuk camilan, keripik pangsit yang kami jual juga cocok digunakan sebagai pelengkap makanan.

Visi Misi

Menjadikan keripik pangsit sebagai usaha makanan ringan yang sesuai dengan minat konsumen dengan cara menyajikan berbagai macam rasa.

Tujuan

Usaha ini didirikan dengan tujuan sebagai langkah untuk mengambil peluang usaha yang tersedia dan juga mengasah kemampuan dalam berbisnis. Selain itu, dengan adanya keripik pangsit berbagai macam rasa ini, diharapkan mampu

BAB II

GAMBARAN UMUM USAHA

Nama Usaha

Usaha yang kami jalankan ini adalah usaha makanan ringan yang bernama “Keripik Pangsit” All Varian. Pemberian nama All Varian karena keripik pangsit ini dijual dengan berbagai macam rasa.

Jenis Usaha

Usaha ini bergerak di bidang makanan ringan yang mengolah keripik pangsit dengan berbagai macam rasa yang bisa disesuaikan dengan selera konsumen.

Produk yang dihasilkan

Produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah keripik pangsit yang diolah dengan cara digoreng dan diberi berbagai macam bumbu dengan rasa seperti original, pedas, manis, balado, dan sapi panggang.

Proses Produksi
Bahan Baku
  • Minyak goreng 1 liter
  • 2 sdm garam
  • 2 butir telur
  • 700 ml kaldu
  • 200 gram terigu
  • 1 batang daun bawang, diiris tipis
  • 10 siung bawang putih, haluskan
  • Bumbu bubuk (pedas, manis, balado, dan sapi panggang)
Cara Pembuatan
  1. Aduk semua bahan hingga merata, kemudian uleni hingga kalis
  2. Kemudian masukkan daun bawang yang sudah diiris tipis ke dalam adonan dan uleni hingga daun bawang tersebar merata.
  3. Taburi adonan dengan tepung terigu agar tidak lengket
  4. Pipihkan adonan yang sudah kalis menggunakan mesin penggiling hingga tipis.
  5. Setelah adonan tipis, potong menjadi kotak-kotak dengan ukuran 3 cm x 3 cm.
  6. Goreng ke dalam minyak yang panas dengan api yang kecil.
  7. Setelah kecoklatan, angkat keripik pangsit dan tiriskan.
  8. Masukkan keripik pangsit ke dalam toples dan beri bumbu bubuk yang diinginkan.
  9. Tutup toples dan kocok bumbu balado secara perlahan hingga tercampur rata.

BAB III

PEMASARAN

Target Pasar

Target pasar untuk “Keripik Pangsit” All Varian ini meliputi:

  • Anak muda atau remaja
  • Mahasiswa
  • Masyarakat umum
Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang digunakan untuk “Keripik Pangsit” All Varian ini dengan cara online dan offline. Untuk online, pemasaran dilakukan dengan cara memposting foto produk di berbagai macam sosial media seperti instagram, facebook, whatsapp, dan beberapa toko online seperti Shopee dan Tokopedia.  Sedangkan untuk offline, pemasaran dilakukan dengan cara menawarkan langsung kepada teman-teman dan rekan ataupun saudara.

Harga Jual Produk

Harga jual “Keripik Pangsit” All Varian ini adalah Rp. 7000 per bungkusnya dengan isi 100 gram. Penetapan harga tersebut didasarkan pada biaya yang dihabiskan untuk proses produksi dan juga laba yang diinginkan. Selain itu harga tersebut juga disesuaikan dengan target utama konsumen yaitu anak muda dan mahasiswa, sehingga harga jual yang murah.

Analisa Usaha

Berikut ini penjelasan dari hasil analisa usaha “Keripik Pangsit” All Varian menggunakan Analisis SWOT:

Strength (Kekuatan Usaha)

Kelebihan usaha “Keripik Pangsit” All Varian ini adalah banyaknya peminat akan produk camilan dengan rasa yang enak dan harga yang murah sehingga diharapkan hasil penjualan akan keripik pangsit ini akan terus meningkat.

Ditambah lagi “Keripik Pangsit” All Varian ini memiliki cita rasa khas yang gurih sehingga cocok digunakan sebagai camilan sehari-hari. Selain sebagai camilan, “Keripik Pangsit” All Varian ini juga bisa digunakan sebagai pelengkap sajian makanan seperti bakso dan mie ayam.

Weakness (Kelemahan Usaha)

Kelemahan usaha “Keripik Pangsit” All Varian ini adalah produknya yang mudah ditiru karena proses pembuatannya yang mudah. Selain itu strategi pemasaran yang masih dalam lingkup kecil juga membuat keuntungan yang didapat dari usaha ini masih belum begitu besar.

Opportunities (Peluang Usaha)

Karena keripik pangsit ini memiliki banyak peminat dan juga cocok digunakan sebagai camilan dan juga pelengkap makanan, maka hal ini membuat usaha “Keripik Pangsit” All Varian ini memiliki peluang yang cukup besar.

Threat (Ancaman Usaha)

Ancaman usaha “Keripik Pangsit” All Varian ini adalah banyaknya produk aneka keripik pangsit serupa yang di jual di pasaran sehingga meningkatkan persaingan penjualan. Namun kami akan berusaha menyajikan keripik pangsit yang berbeda dari keripik pangsit lainnya, karena “Keripik Pangsit” All Varian yang kami buat adalah hasil produksi sendiri sehingga memiliki cita rasa gurih yang khas.

BAB IV

RENCANA ANGGARAN

Modal Awal
NoKeteranganHarga
 1GasRp.         150.000
 2PanciRp.           50.000
 3WadahRp.           20.000
 4Plastik bungkusRp.         900.000
 5TotalRp.     1.120.000
Biaya Bahan Baku per bulan
NoKeteranganKuantitasHarga SatuanHarga
 1Bawang putih30 siungRp.           1500Rp.        45.000
 2Tepung terigu30 packRp.           9000Rp.      270.000
 3Minyak goreng30 literRp.       25.000Rp.      750.000
Daun bawang30 batangRp.         9.000Rp.      270.000
 5Garam30 packRp.         2.000Rp.        60.000
 6Telur10 kgRp.        22.000Rp.      220.000
 7Total  Rp.   1.615.000
Biaya Operasional per bulan
NoKeteranganHarga
 1AirRp.      200.000
 2ListrikRp.      150.000
 3GasRp.      100.000
 4TransportasiRp.      400.000
 5TotalRp.      850.000
Modal yang dibutuhkan

                = Modal awal + biaya bahan baku + Biaya operasional

                = Rp. 2.320.000 + Rp. 1.615.000 + Rp. 850.000

                = Rp. 3.585.000

Prediksi Pendapatan Per bulan

                Harga per produk = Rp. 7.000

                Dalam 1 hari dapat memproduksi 25 bungkus

                Produksi per bulan          = 25 bungkus x 30

                                                                = 750 bungkus

                Pendapatan per bulan   = 750 bungkus x Rp. 7000

                                                                = Rp. 5.250.000

Prediksi Laba/Rugi Per bulan

                Penjualan – Total Biaya

                = Rp. 5.250.000 – Rp. 3.585.000

                = Rp. 1.665.000

Payback Period (PBP) atau balik modal                

                Total modal : Laba bersih

                = Rp. 3.585.000 : Rp. 1.665.000

                = 3 – 4 bulan

BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Usaha “Keripik Pangsit” All Varian ini bisa menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan mengingat peminatnya yang cukup banyak di berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Hal tersebut tentunya membuka peluang yang cukup besar bagi para pelaku usaha terutama pemula.

Meskipun “Keripik Pangsit” All Varian ini dijalankan dengan lingkup pemasaran yang masih kecil, namun usaha ini diharapkan bisa berkembang dan mampu menghadapi pesaingnya.

Dengan produk keripik pangsit buatan sendiri sehingga menghasilkan cita rasa yang khas, serta diimbangi dengan strategi promosi yang lebih baik, maka usaha “Keripik Pangsit” All Varian ini akan banyak diminati oleh konsumen sehingga meningkatkan produktivitas penjualan.