Proposal Usaha Keripik Nangka (Download DOC,PDF)

Proposal Usaha Keripik Nangka – Keripik nangka merupakan keripik yang terbuat dari nangka yang dikeringkan dengan menggunakan teknik penggoreng khusus, yaitu teknik penggorengan hampa udara (vacuum frying).

Keripik nangka itu sendiri biasanya banyak di jual di daerah Malang dan Lampung. Namun, sebenarnya makanan ini merupakan makanan daerah khas Riau, atau lebih tepatnya Kampar.

Usaha keripik nangka, masih jarang ditemui untuk daerah selain di atas. Tak hanya itu, tidak semua orang dapat mengolah keripik nangka dengan benar sehingga membuka peluang bisnis yang cukup besar.

Untuk Anda yang berniat melakukan bisnis keripik nangka dan akan mengajukan dana kepada investor, Anda dapat melihat contoh proposal usaha keripik nangka dalam bentuk DOC maupun PDF melalui tombol berikut ini.

Daftar isi:

Target Penjualan Usaha Keripik Nangka

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis, Anda harus dapat menentukan terlebih dahulu target laba dari bisnis keripik nangka Anda per bulan.

Jika Anda menginginkan keuntungan bersih sebesar Rp3.000.000,00 dengan keuntungan dalam setiap kemasannya sebesar Rp1.000,00, maka Anda harus dapat menjual sekitar 100 pcs/harinya.

Jika demikian, Anda dapat melakukan penjualan hanya dengan menitipkan keripik nangka Anda di 10 toko dengan penjualan setiap toko 10 pcs per harinya.

Namun, jika keinginan Anda mendapatkan keuntungan Rp 10 juta per bulan, maka Anda harus memperbesar target pasar, dengan cara menjualnya melalui online shop atau hanya dengan menjualnya melalui Alfamart dan Indomaret saja.

Menjual Keripik Nangka Melalui Indomaret dan Alfamart

Memang akan sedikit lebih ribet saat Anda melakukan pendaftaran produk untuk dimasukkan ke Indomaret dan Alfamart, namun setelah pendaftaran selesai dilakukan maka keripik Nangka Anda akan dapat terjual lebih pesat.

Tak hanya penjualan saja yang dapat semakin pesat, Anda juga akan menghemat biaya toko, biaya karyawan, dsb.

Hal ini akan menyebabkan permintaan barang yang meningkat sehingga membutuhkan dana produksi tambahan. Untuk memenuhi dana tersebut, Anda sebaiknya Anda mencari investor. Berikut contoh proposal usaha keripik nangka yang dapat Anda akses dalam bentuk DOC dan PDF.

Syarat Yang diperlukan

Berikut syarat yang harus dipenuhi agar dapat menjual barang di Alfamart dan Indomaret.

  • Jenis produk sesuai target market
  • Kemasan rapi, higienis, dan modern
  • Tertera informasi keamanan produk seperti label halal, tanggal exp, dll
  • Kualitas dan harga yang terbilang murah
  • Memiliki barcode pada kemasan

Cara Menjual Keripik Nangka Melalui Alfamart dan Indomaret

  1. Melengkapi form yang disediakan.
  2. Berkomitmen atas pemenuhan barang dan sistem pembayaran.
  3. Membuat usulan kerjasama promosi.
  4. Bersedia melakukan evaluasi penjualan.

Jika sudak melakukan demikian, maka pihak Indomaret dan Alfamart akan melakukan seleksi kembali untuk penyaringan setiap produk yang didaftarkan tersebut.

Resep Keripik Nangka

Untuk mendapatkan rasa yang enak, resep yang digunakan untuk pembuatan keripik nangka pun juga harus benar, baik dalam segi bahan dan takarannya.

Berikut resep keripik nangka yang dapat Anda coba.

  • Buah nangka 1 kg
  • Kapur sirih 100 gram
  • Garam 75 gram
  • Air 1/liter
  • Minyak goreng 2 liter
  • Gula pasir 150 gram

Contoh Proposal Usaha Keripik Nangka

PROPOSAL USAHA

KERIPIK NANGKA “Nangka Chips”

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Nangka merupakan salah satu buah yang sangat mudah dicari. Rasanya yang manis dan aromanya yang harum membuat banyak orang menyukai buah ini. Selain itu, buah nangka juga memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan seperti melawan kanker, memperbaiki sistem pencernaan, dan juga mengontrol diabetes.

Selain memiliki banyak manfaat, buah nangka juga bisa diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual yang lebih, contohnya seperti keripik nangka. Banyak orang kini membuat produk olahan yang terbuat dari buah nangka karena prospek usahanya yang cukup menjanjikan. Selain pengolahan yang cukup mudah, peminat keripik nangka pun kini semakin banyak karena rasanya yang gurih dan enak.

Karena melimpahnya hasil produksi buah nangka dan juga permintaan konsumen akan makanan ringan atau camilan yang tinggi, maka kami ingin memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka usaha makanan ringan yaitu keripik nangka dengan nama “Nangka Chips”. Meskipun keripik nangka ini sudah banyak tersedia di pasaran, namun kami akan berusaha menghasilkan produk keripik nangka dengan kualitas yang baik serta rasa yang lebih enak dari pada produk yang lain.

Konsep Usaha

Konsep usaha keripik nangka “Nangka Chips” ini yaitu penjualan produk makanan ringan berupa keripik nangka yang dijual di toko milik sendiri. Jam operasional kami dimulai dari 09.00 – 21.00 WIB. Selain penjualan offline, kami juga menjual produk keripik nangka ini dengan cara online, yaitu melalui facebook, instagram, shoppee, dan juga whatsapp. Keripik nangka “Nangka Chips” juga bisa dibeli dengan jumlah yang banyak dan cocok digunakan sebagai oleh-oleh.

Tujuan
  • Memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.
  • Membuka peluang lapangan kerja.
  • Memenuhi permintaan konsumen akan kebutuhan makanan ringan.
  • Melatih kemampuan dan kreativitas dalam berbisnis olahan produk makanan ringan yang murah, sehat, dan enak.

BAB II

PROFIL USAHA

Deskripsi Usaha

Usaha yang kami jalankan ini bernama “Nangka Chips” yang terbuat dari olahan nangka. Keripik nangka yang kamu jual memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari produk keripik nangka lainnya.

Keunggulan keripik nangka “Nangka Chips” adalah keripik ini terbuat dari buah nangka asli yang diolah dengan resep turun temurun sehingga menghasilkan produk dengan cita rasa manis, crispy, dan tahan lama. Keripik nangka “Nangka Chips” ini juga bebas dari bahan pengawet sehingga menyehatkan bagi kesehatan dan cocok dijadikan camilan sehari-hari.

Produk yang Dihasilkan

Produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah olahan yang terbuat dari buah nangka yang berupa keripik nangka dengan nama “Nangka Chips”

Proses Produksi
Bahan Baku
  • Buah nangka 1 kg
  • Kapur sirih 100 gram
  • Garam 75 gram
  • Air 1/liter
  • Minyak goreng 2 liter
  • Gula pasir 150 gram
Cara Pembuatan
  1. Kupas buah nangka hingga bersih dan terpisah dari jeraminya.
  2. Setelah itu belah daging menjadi dua dan pisahkan dari bijinya.
  3. Rendam buah nangka tersebut di dalam larutan kapur sirih selama 4 – 5 jam.
  4. Setelah itu, cuci buah nangka menggunakan air hingga bersih dan tiriskan hingga benar-benar kering.
  5. Jemur buah nangka di bawah terik matahari selama 5 jam.
  6. Setelah kering, goreng buah nangka di vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) yang telah diberi minyak dan dipanaskan dengan suhu tidak lebih dari 90o.
  7. Goreng hingga matang, kemudian tiriskan.
  8. Simpan keripik nangka dalam wadah tertutup agar terjaga kerenyahannya.

BAB III

PEMASARAN

Harga produk

                Keripik nangka “Nangka Chips” ini dijual dengan harga Rp. 10.000 per bungkus dengan berat 100 gram. Penentuan harga jual “Nangka Chips” berdasarkan pada perhitungan biaya operasional serta laba yang ingin dicapai.

Target Pasar

Target pemasaran keripik nangka “Nangka Chips” ini meliputi:

  • Anak muda atau remaja
  • Masyarakat umum
  • Masyarakat kelas atas
  • Masyarakat kelas menengah dan ke bawah
  • Masyarakat pecinta camilan
Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang digunakan untuk keripik nangka “Nangka Chips” ini antara lain:

Online

Promosi secara online untuk keripik nangka “Nangka Chips” ini dilakukan dengan cara mempromosikannya melalui media sosial seperti facebook dan juga instagram. Selain itu, kami juga menjualnya melalui platform belanja online seperti shopee.

Offline atau di Toko

Keripik nangka “Nangka Chips” kami jual di toko yang berada di depan rumah, karena toko kami berada di tepi jalan raya dan di dekat pusat perbelanjaan sehingga lokasinya cukup strategis.

Waktu Penjualan

Untuk penjualan di toko, jam operasionalnya adalah Senin – Minggu pukul 09.00 – 21.00 WIB. Sedangkan untuk pengiriman secara online, pemesanan akan dikolektif hingga pukul 14.00 WIB dan akan dikirimkan pada pukul 16.00 setiap harinya.

BAB IV

ANALISA USAHA

Strength (Kekuatan Usaha)

Kekuatan dalam usaha keripik nangka “Nangka Chips” ini adalah banyaknya peminat akan produk makanan ringan sehingga penjualan keripik nangka ini diharapkan akan terus meningkat. Selain itu, rasanya yang enak dan harganya yang murah juga cocok bagi semua kalangan mulai dari anak muda hingga masyarakat umum.

Weakness (Kelemahan Usaha)

Kelemahan usaha keripik nangka “Nangka Chips” ini adalah buah nangka yang terkadang sulit didapat karena faktor cuaca yang membuat produksinya menurun. Namun tentu saja kami mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara memilih pasokan buah nangka dari beberapa tempat dengan kualitas buah nangka yang sama-sama baik, sehingga hal tersebut tidak mempengaruhi hasil produksi keripik nangka dan juga harga jualnya.

Opportunities (Peluang Usaha)

Karena banyaknya peminat akan keripik nangka, maka peluang usaha dari segi target pemasaran dan juga pembukaan toko atau cabang baru tentunya terbuka lebar, mengingat penjual keripik nangka kini masih sedikit ditemui di toko-toko sekitar.

Threat (Ancaman Usaha)

Pada setiap usaha tentunya memiliki ancaman, termasuk usaha keripik nangka “Nangka Chips” ini. Banyak orang kini juga mencoba membuka usaha dalam bentuk penjualan keripik nangka. Namun dalam hal-hal tertentu, usaha keripik nangka “Nangka Chips” yang kami jalankan akan kami usahakan agar memiliki cita rasa yang khas sehingga menjadikannya lebih unggul dari produk keripik nangka lainnya.

BAB V

ANALISA BIAYA

Modal Awal
NoKeteranganHarga
1Alat pemotong nangkaRp. 1.500.000
2Kompor GasRp. 900.000
3PlastikRp. 500.000
4Perijinan halal (MUI)Rp. 300.000
5Pencetakan merekRp. 100.000
 TotalRp. 3.300.000
Biaya Bahan Baku
NoKeteranganKuantitasHarga SatuanHarga
1Nangka100 buahRp. 15.000Rp. 1.500.000
2Minyak goreng5 kgRp. 20.000Rp. 100.000
3Kapur sirih15 bungkusRp. 5.000Rp. 75.000
4Tepung bumbu20 bungkusRp. 10.000Rp. 200.000
5Pewarna makanan2 onsRp. 5.000Rp. 10.000
 Total  Rp.  1.885.000
Biaya Operasional
NoKeteranganBiaya/Bulan
1AirRp.      200.000
2ListrikRp.      150.000
3GasRp.      100.000
4TransportasiRP.      400.000
5PromosiRp.      100.000
 TotalRp.      950.000
Peralatan
NoKeteranganKuantitasHarga SatuanHarga
1Baskom10 buahRp. 10.000Rp. 100.000
2Pisau5 buahRp. 15.000Rp. 75.000
3Keranjang10 buahRp. 5000Rp. 50.000
4Mesin Vacuum Frying1 unitRp. 10.000.000Rp. 10.000.000
5Mesin peniris minyak1 unitRp. 2.000.000Rp. 2.000.000
 Total  Rp. 12.225.000
Modal yang dibutuhkan

Total modal yang dibutuhkan:

Modal awal + Biaya bahan baku + Biaya operasional + Peralatan

Rp. 3.300.000 + Rp. 1.885.000 + Rp. 950.000 + Rp. 12.225.000

= Rp. 18.360.000

Prediksi Pendapatan Per bulan

Harga per produk = Rp. 10.000

Dalam 1 hari dapat memproduksi kurang lebih 80 produk.

Produksi per bulan          = 80 produk x 30

                                        = 2400 produk

Pendapatan per bulan   = 2400 x Rp. 10.000

                                = Rp. 24.000.000

Prediksi Laba/Rugi per bulan

Penjualan – biaya operasional

= Rp. 24.000.000 – Rp. 18.360.000

= Rp. 5. 640.000

Payback Period (PBP)

= Total modal : Laba bersih

= Rp. 18.360.000 : Rp. 5.640.000

= 3 – 4 bulan