Proposal Usaha Keripik Kangkung (Download DOC & PDF)

Proposal Usaha Keripik Kangkung – Kangkung merupakan sayuran yang sangat mudah di jumpai di Indonesia. Kangkung memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Tak hanya memiliki manfaat, usaha keripik kangkung juga memiliki peluang yang cukup besar. Walau demikian, usaha tersebut masih jarang dilirik oleh pebisnis besar.

Minat konsumen pada keripik kangkung semakin hari semakin meningkat dengan kompetitor terbilang cukup sedikit. Sehingga, jika dijalankan bisnis tersebut akan dapat berkembang dengan pesat.

Perkembangan tersebut akan berdampak pada biaya produksi yang akan semakin meningkat. Hal ini dapat Anda atasi dengan mencari investor. Anda dapat melihat contoh proposal baik dalam bentuk PDF maupun DOC berikut.

Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai usaha keripik kangkung.

Daftar Isi :

Manfaat Keripik Kangkung

Tidak hanya enak, konsumen setia keripik kangkung biasanya mengkonsumsinya juga agar tubuhnya mendapatkan manfaat tambahan dari vitamin dalam kangkung. Berikut beberapa kandungan dan manfaat Kangkung.

  • Kaya akan vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata.
  • Mencegah radang akibat bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis.
  • Mengandung Antioksidan yang berfungsi untuk pencegahan diabetes.
  • Dapat memicu kinerja enzim sehingga dapat mencegah kerusakan hati.
  • Mengandung berbagai jenis mineral yang dapat mencegah dehidrasi.
  • Mengandung zat besi dan fosfor yang dapat mencegah anemia.
  • Mengandung vit C untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Resep Membuat Keripik Kangkung

Berikut resep (takaran bahan) untuk pembuatan keripik Kangkung.

  • Daun kangkung segar
  • 200 gram tepung beras
  • 3 sendok makan tepung kanji
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 8 butir kemiri dihaluskan
  • Daun jeruk dihaluskan
  • Air secukupnya
  • Telur secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Pemasaran Keripik Kangkung

Sebelum membicarakan pemasaran, yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah perbedaan usaha Anda dengan kompetitor Anda.

Anda dapat membuat keunikan produk Anda melalui cerita di balik keripik kangkung tersebut, varian rasa yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda, atau rasa yang khas pada produk Anda tersebut.

Hal ini sangat penting agar konsumen Anda yang kemarin, memiliki alasan yang kuat untuk kembali membeli produk Anda tersebut. Jika sudah demikian, Anda dapat memikirkan strategi pemasarannya.

Pemasaran produk keripik Kangkung dapat dilakukan baik offline maupun online. Namun, biasanya pebisnis yang mengincar omset besar, akan lebih cenderung untuk memfokuskan diri pada strategi marketing online.

Anda dapat menggunakan platform Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dsb. Dalam platform tersebut, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui algoritmanya, berupa target keyword pada judul, target keyword pada description box, dan optimasi gambar.

Setelah semuanya sudah Anda kuasai, Anda dapat memperbesar promosi dengan mengikutsertakan produk Anda melalui facebook ads, instagram ads, dsb.

Contoh Proposal Keripik Kangkung

Anda dapat mengunduh proposal dengan format yang lebih tertata rapi baik dalam bentuk DOC maupun PDF.

PROPOSAL USAHA “KERIPIK KANGKUNG”

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah dicari. Kangkung juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, melawan penyakit liver, dan sebagainya.

Karena memiliki banyak manfaat, banyak orang kini berinovasi dengan cara membuat olahan dari kangkung, contohnya seperti keripik kangkung. Olahan keripik kangkung ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat sehingga banyak orang yang menyukainya. Selain itu, keripik kangkung juga bisa dijadikan camilan sehari-hari yang menyehatkan.

Proses pembuatan keripik kangkung pun cukup mudah karena tidak memerlukan bahan baku yang banyak. Selain itu, penjual keripik kangkung juga masih jarang ditemukan. Hal ini lah yang mendorong kami untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka usaha “Keripik Kangkung”.

Konsep Usaha

Konsep usaha “Keripik Kangkung” ini adalah penjualan produk berupa makanan ringan dengan 2 varian rasa, yaitu original dan balado yang dijual secara online dan juga offline.

Untuk penjualan secara online dilakukan dengan cara memposting di beberapa sosial media dan platform jual beli online. Sedangkan untuk penjualan offline dilakukan dengan cara menawarkan langsung dari mulut ke mulut dan juga pengambilan produk di rumah.

Tujuan Usaha

Tujuan didirikannya usaha “Keripik Kangkung” ini adalah untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada dengan mengolah bahan baku yang sudah banyak tersedia. Selain itu, usaha ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk makanan ringan yang terbuat dari sayuran sehingga baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

BAB II

GAMBARAN UMUM USAHA

Deskripsi Usaha

Usaha yang kami jalankan ini adalah “Keripik Kangkung” yang terbuat dari olahan kangkung. “Keripik Kangkung” yang kami jual memiliki rasa yang gurih dan renyah yang khas sehingga menjadikannya berbeda dari produk keripik kangkung lainnya.

Keunggulan “Keripik Kangkung” buatan kami adalah menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas dan juga cara pengolahan yang baik sehingga menghasilkan “Keripik Kangkung” dengan rasa yang gurih serta bebas dari bahan pengawet.

Produk yang dihasilkan

Produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah “Keripik Kangkung” dengan 2 varian rasa, yaitu original dan balado.

Proses Produksi
Bahan Baku
  • Daun kangkung segar
  • 200 gram tepung beras
  • 3 sendok makan tepung kanji
  • 3 siung bawan putih
  • Garam secukupnya
  • 8 butir kemiri dihaluskan
  • Daun jeruk dihaluskan
  • Air secukupnya
  • Telur secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
Cara Pembuatan Produk
  1. Campur tepung beras, tepung kanji, kemiri, bawang putih, daun jeruk, telur dan penyedap rasa.
  2. Beri air secukupnya, kemudian aduk hingga rata dan jangan sampai mengental.
  3. Celupkan satu per satu daun kangkung ke dalam adonan.
  4. Goreng daun kangkung tersebut ke dalam minyak panas.hingga kecoklatan
  5. Angkat dan kemudian tiriskan.

BAB III

ASPEK PEMASARAN

Harga Jual Produk

Harga jual “Keripik Kangkung” ini adalah Rp. 10.000 per bungkusnya, Harga jual tersebut berdasarkan pada total biaya produksi dan juga laba yang diinginkan. Harga yang murah diharapkan bisa memenuhi target pasar dari produksi “Keripik Kangkung” ini.

Target Pasar

Target pasar untuk “Keripik Kangkung” ini adalah berbagai macam antara lain:

  • Anak muda
  • Mahasiswa
  • Masyarakat umum.
Strategi Pemasaran

Pemasaran yang dilakukan untuk “Keripik Kangkung” ini menggunakan 2 cara, yaitu online dan offline

Online

Pemasaran secara online dilakukan dengan cara memposting produk ke beberapa sosial media seperti facebook, instagram, broadcast whatsapp, dan juga mempostingnya di beberapa platform jual beli online seperti shopee dan tokopedia.

Offline

Pemasaran secara offline dilakukan dengan cara dijual di rumah dan juga melakukan penawaran dari mulut ke mulut.

Analisa Usaha
Strength (Kekuatan Usaha)
  • Mudah dalam mendapatkan bahan baku (kangkung)
  • Harga jual yang terjangkau untuk berbagai kalangan
  • Variasi rasa yang berbeda dari produk keripik kangkung lainnya.
Weakness (Kelemahan Usaha)
  • Produk mudah ditiru
  • Produk tidak tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet
  • Pemasaran masih lingkup kecil
Opportunities (Peluang Usaha)
  • Target konsumen dari berbagai kalangan
  • Permintaan konsumen akan makanan ringan yang terus meningkat
  • Peluang mengembangkan usaha ini masih luas karena sedikit pesaing
Threat (Ancaman Usaha)
  • Munculnya pesaing-pesaing baru dengan produk yang sama
  • Harga jual pesaing yang lebih murah dengan produk yang sama

BAB IV

ANALISA BIAYA

Modal
NoKeteranganHarga
1Kompor gasRp.         150.000
2PenggorenganRp.           30.000
3Wadah besarRp.           40.000
4PisauRp.           20.000
 TotalRp.        140.000
Bahan Baku
NoKeteranganKuantitasHarga SatuanHarga
1Kangkung50 ikatRp.        500Rp.    25.000
2Minyak goreng2 literRp.  20.000Rp.    40.000
3Tepung beras½ kgRp.     4000Rp.        4000
4Tepung kanji½ kgRp.    3.500Rp.       3.500
5Garam1 packRp.     3000Rp.       3.000
6Telur4 butirRp.    5.000Rp.       5.000
7Kemiri¼ kgRp.    3.000Rp.       3.000
8Bawang putih1 buah besarRp.    1.000Rp.       1.000
9Bumbu balado1 packRp.    5.000Rp.       5.000
 Total  Rp.    89.500

Biaya bahan baku yang dibutuhkan dalam 1 bulan = Rp. 89.500 x 30 = Rp. 2.685.000

Biaya Operasional
NoKeteranganHarga/bulan
1AirRp.      200.000
2ListrikRp.      150.000
3GasRp.      100.000
4TransportasiRp.      400.000
5Pengeluaran tak terdugaRp.      300.000
 TotalRp.  1.150.000
Total Modal yang Dibutuhkan

Total modal yang dibutuhkan:

= Modal + Biaya bahan baku + biaya operasional

= Rp. 140.000 + Rp. 2.685.000 + Rp. 1.150.000

= Rp. 3.975.000

Prediksi Pendapatan per Bulan

                Harga per produk = Rp. 10.000

                Dalam 1 hari dapat menjual 20 bungkus

                Produksi per bulan           = 20 bungkus x 30 hari

                                                                = 600 bungkus

                Pendapatan per bulan   = 600 bungkus x 10.000

                                                                = Rp. 6.000.000

Produksi Laba/Rugi per Bulan

                Penjualan – Total biaya

                = Rp. 6.000.000 – Rp. 3.975.000

                = Rp. 2.025.000

Payback Period (PBP) atau Balik Modal

                Total modal : Laba bersih

                = Rp. 3.825.000 : Rp. 2.025.000

                = 1 – 2 bulan

BAB V

PENUTUP

                Usaha “Keripik Kangkung” ini merupakan salah satu usaha  dengan peluang yang besar, mengingat para penjual keripik kangkung kini masih sedikit jika dibandingkan dengan produk keripik yang lain. Apalagi “Keripik Kangkung” yang kami jual ini memiliki cita rasa yang khas dan juga cara pengolahan yang baik sehingga baik digunakan untuk camilan sehari-hari.

                Selain itu usaha “Keripik Kangkung” ini diharapkan bisa menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mengembangkan kompetensi dan inovasi dalam berbisnis, sehingga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi keluarga.