20 Peluang usaha di Ambon yang Menarik Untuk Dicoba

Kawasan Potensial di ambon ada di Sirimau dan Nusaniwe
Kawasan Potensial di ambon ada di Sirimau dan Nusaniwe

Peluang usaha di ambon ~ Memulai usaha di Kota Ambon Provinsi Maluku cukup potensial, alasannya adalah ambon memiliki penduduk yang cukup banyak yaitu lebih dari 427.000 penduduk, dengan kepadatan penduduk di atas 1.000/km persegi. UMR ambon juga lumayan yaitu di atas Rp. 2.800.000. Jumlah penduduk, kepadatan penduduk dan penghasilan penduduk sangat menentukan perputaran uang, yang berdampak pada tingginya penjualan barang dan jasa di daerah ambon.

Lokasi usaha di kota ambon yang paling potensial adalah di pesisir pantai ambon, di kecamatan Sirimau dan Nusaniwe. Kecamatan tersebut adalah lokasi pelabuhan yang padat penduduk. Jumlah penduduk di sirimau lebih dari 178.000 dan di nusaniwe lebih dari 112.000 jiwa.

Lokasi pesisir kecamatan sirimau dan nusaniwe Ambon sangat potensial untuk berbagai usaha, mulai dari usaha kuliner, jasa, toko kelonong, oleh-oleh dan usaha lain.

Berikut ini adalah 20 Peluang usaha yang ramai diminati di kota ambon

1. Rumah Makan

Membuka usaha rumah makan di ambon peluangnya cukup baik, dikarenakan kota ambon sangat sibuk dan padat, banyak orang yang butuh makan di luar ketika bekerja, terutama untuk makan siang. Jika anda membuka usaha rumah makan, usahakan ambil lokasi di tempat yang ramai karyawan seperti daerah di dekat pelabuhan Yos Soedarso Ambon, atau di sekitar hotel-hotel di Ambon.

Daftarkan rumah makan anda di grabfood dan gofood agar orang bisa membeli makanan anda secara online, sehingga pendatang yang tidak memiliki motor bisa memesan makanan secara online tanpa harus datang ke rumah makan anda.

2. Les Bahasa Inggris

Membuka usaha les bahasa inggris di ambon memiliki peluang cukup baik, karena jumlah siswa yang cukup banyak. Menurut data BPS 2023 jumlah remaja umur 10 sampai 19 tahun adalah 52.769 orang, Hampir semuanya adalah pelajar dan sebagian membutuhkan les bahasa inggris untuk bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan di daerah ambon.

Jika anda berminat untuk membuat kursus bahasa inggris, anda bisa memilih lokasi di daerah perumahan atau perkampungan.

Jika anda berniat membuka les bahasa inggris anda bisa membukanya di daerah Sirimau, Sirimau memiliki jumlah murid paling banyak di ambon yaitu 13.958 murid.

Untuk mengetahui potensi tempat membuka kursus bahasa inggris, anda bisa menggunakan data jumlah murid di ambon berikut ini :

KecamatanJumlah SekolahJumlah Murid
Nusaniwe549.892  
Sirimau6813.958  
Leitimur Selatan111.098  
Teluk Ambon Baguala275.487  
Teluk Ambon324.774  

3. Kursus Komputer

Peluang usaha kursus komputer di ambon juga potensinya baik, hal ini dikarenakan banyak pekerjaan di ambon yang membutuhkan skill komputer. Anda bisa membuka kursus komputer di daerah Sirimau atau Nusaniwe, karena potensinya paling tinggi.

 Anda bisa mempromosikan pelatihan komputer anda di sekolah-sekolah di ambon. Terdapat 192 sekolah di ambon, anda bisa datang ke sekolah-sekolah tersebut dengan membawa penawaran program kursus komputer anda.

4. Pet Shop

Membuka usaha pet shop di ambon memiliki potensi cukup baik, karena jumlah hewan peliharaan seperti anjing dan kucing cukup banyak. Anda bisa menjual pakan hewan, peralatan perawatan hewan, kandang, dan aksesoris untuk hewan.

Dari pengamatan kami, Wilayah yang persaingan pet shop nya rendah adalah di kelurahan karang panjang sirimau dan di Kelurahan Uritetu Kecamatan Sirimau.

5. Persewaan Motor

Anda bisa membuka usaha persewaan motor harian di daerah sekitar pelabuhan, kebanyakan pendatang yang singgah di pelabuhan tidak memiliki kendaraan, dan mereka membutuhkan motor sementara untuk bepergian.

Anda bisa membuka persewaan di dekat pelabuhan Yos Soedarso.

Dari data Semrush pencarian tentang Sewa motor di ambon ada lebih dari 210 pencarian perbulan.

6. Sewa Baju Pengantin

Membuka usaha sewa baju pengantin di ambon potensinya cukup baik, ambon memiliki adat pernikahan yang cukup unik yaitu Perkawinan Masuk Minta, pada tradisi tersebut sangat setiap mempelai membutuhkan baju pengantin untuk digunakan pada hari pernikahan.

Selain menyewakan baju pengantin, anda juga bisa menyediakan jasa jahit baju pengantin.

7. Tempat Gym

Membuka tempat Gym Juga bisa jadi peluang yang bagus di ambon. Pada pengamatan tim carabisnis.id terdapat lebih dari 15 tempat Gym di ambon, itu menunjukkan jika peminat Gym cukup besar di ambon.

Jika anda ingin membuka usaha gym, usahakan untuk membuka usaha di lokasi yang strategis dan agak jauh dari kompetitor. Pastikan fasilitas gym anda lebih lengkap dan lebih nyaman dibandingkan kompetitor anda.

8. Toko Bangunan

Membuka toko bangunan di ambon bisa jadi peluang yang menguntungkan, namun anda harus membuka toko bangunan di lokasi yang minim kompetitor toko bangunan.

Dari pemantauan tim carabisnis.id, toko bangunan di ambon paling banyak berada di radius 2 kilometer dari pelabuhan yos sudarso ambon. Jika anda berniat membuka toko bangunan, anda bisa membuat di daerah kelurahan nusaniwe, kelurahan benteng, dan sekitarnya. Atau di daerah sekitar Rumah sakit DR. M Halulussy Ambon.

Sebelum membuka pastikan dalam radius 1 Kilometer tidak ada kompetitor saingan anda.

9. Warung Makan Seafood

Anda bisa membuka warung makan seafood di daerah ambon, karena lokasinya yang dekat dengan laut. Sehingga mudah untuk menemukan bahan baku seafood.

Anda bisa menjual makanan khas seperti ambon Ikan Komu Asar, atau seafood lain.

10. Toko Sayur

Toko sayur adalah toko yang hampir setiap hari didatangi oleh ibu-ibu ambon untuk berbelanja sayur. Toko sayur adalah toko yang selalu ramai setiap hari, karena kebutuhan bahan makanan.

Membuka usaha toko sayur di ambon peluangnya cukup bagus, namun anda harus memastikan bahwa anda memilih lokasi yang padat penduduk dan jauh dari kompetitor.

Untuk membuka toko sayur anda tidak harus membuka di daerah kota, anda bisa membuka di daerah pinggiran seperti di lereng Gunung Sirimau, namun anda harus memastikan jumlah keluarga di sekitar lokasi usaha banyak, terutama di radius 1 kilometer dari lokasi usaha.

11. Laundry

Membuka usaha laundry di ambon yang paling cocok adalah di wilayah perkotaan yang padat penduduk, terutama jika kebanyakan penduduknya adalah pegawai atau karyawan yang sibuk. Anda bisa mencari lokasi di daerah padat penduduk untuk membuka usaha laundry kiloan.

12. Catering

Anda bisa membuka usaha catering di ambon, menyediakan jasa catering untuk acara hajatan, pernikahan, atau catering harian untuk perusahaan yang ada di daerah ambon.  

13. Toko daging

Anda bisa membuka toko daging sapi di ambon, anda bisa menjual daging sapi segar untuk warung makan yang berada di sekitar ambon, terutama di daerah padat penduduk seperti kecamatan Nusaniwe dan Sirimau.

Silahkan sediakan pula layanan pengantaran daging langsung ke warung-warung supaya mereka membeli setiap hari di usaha daging anda.

14. Ayam Potong

Usaha ayam potong juga memiliki potensi jika dibuka di ambon, anda bisa memasarkan ayam potong anda di penduduk di perumahan atau perkampungan, atau bisa juga anda tawarkan kepada pemilik-pemilik warung makan di daerah ambon.

Selain itu anda juga bisa menitipkan daging jualan anda di toko sayur, karena biasanya daging ayam dibutuhkan oleh ibu-ibu yang sedang berbelanja sayur.

15. Agen Telur

Menjadi agen telur ayam juga memiliki potensi jika dibuka di ambon, anda bisa memasarkan telur anda di toko kelontong-toko kelontong yang ada di daerah perumahan dan juga di pasar.

Telur adalah salah satu makanan pokok yang sering digunakan oleh penduduk sebagai lauk atau sebagai bahan baku roti.

16. Toko Oleh-Oleh

Anda bisa membuka toko oleh oleh di ambon, terutama di daerah dekat dengan pelabuhan  pantai atau tempat wisata yang ramai di ambon. Beberapa tempat wisata yang ada di ambon antara lain Pantai Larier, Hutan wisata, Blok Huis Modelburg, Air terjun Passo, dan Pantai halong.

Anda bisa melihat terlebih dulu potensi di tempat wisata tersebut, dan jika potensinya bagus anda bisa mencoba berjualan oleh-oleh di lokasi tersebut.

17. Toko Kosmetik

Membuka toko kosmetik di ambon bisa jadi peluang yang menguntungkan, karena target market yang lumayan banyak. Menurut data statistik dari BPK tahun 2019 jumlah wanita berumur 20 tahun sampai 39 tahun di ambon adalah sebanyak 70.048 orang.

Biasanya wanita umur 20 taun sampai 39 tahun akan membeli kosmetik setiap bulan, baik kosmetik seperti bedak lipstik ataupun skin care.

18. Servis Komputer dan Laptop

Usaha servis komputer dan laptop bisa jadi peluang yang menguntungkan, hal tersebut karena perkantoran dan perusahaan di ambon sebagian kecil atau sebagian besarnya menggunakan komputer dan laptop untuk menunjang pekerjaan. dan jika ada kerusakan pada komputer atau laptop, jasa reparasi komputer dan laptop sangat dibutuhkan.

Namun perlu diingat sebelum membuka usaha anda harus memastikan permintaan pasar tinggi dan anda membuka usaha di lokasi yang tepat.

19. Toko Parfum

Toko parfum bisa jadi peluang usaha yang bisa dicoba di ambon, anda bisa menjual berbagai macam parfum aneka aroma, bisa juga anda menjual pewangi laundry untuk penduduk sekitar.

20. Sewa Motor harian

Usaha sewa motor di ambon juga mungkin memiliki potensi yang bagus, terutama untuk para pekerja yang singgah di ambon baik untuk liburan atau untuk transit.

Anda bisa mengecek peluang usaha sewa motor di daerah dekat dengan pelabuhan Yos Sudarso.