Modal Usaha Toko Pita dan Estimasi Keuntungan

Pita dengan berbagai motif dan warnanya menjadi hiasan yang sering digunakan untuk berbagai kepentingan. Misalnya untuk kado, dekorasi ruangan dan lain sebagainya.

Hal ini menjadikan banyak yang mulai memiliki ide usaha membuka toko pita atau menjadi supplier-nya. Nah jika Anda adalah salah satunya, mungkin sekarang Anda sedang bertanya-tanya berapakah besaran modal yang harus disiapkan.

Perkiraan total Modal untuk memulai usaha Toko Pita adalah sekitar Rp12.750.000. Dengan rincian estimasi modal awal sebesar Rp8.050.000 dan modal untuk operasional setiap bulanannya sekitar Rp 4.700.000.

Pada tulisan kali ini kami akan menguraikan perkiraan modal di atas dan juga menjelaskan bagaimana cara menghitung keuntungan. Bisakah usaha satu ini memberikan keuntungan besar? Nah mari langsung saja kita masuk ke penjelasannya.

Modal Awal Usaha Toko Pita

  • Sewa Tempat (Bulan Pertama) Rp1.000.000
  • Meja & kursi Rp350.000
  • Etalase Rp1.500.000
  • Belanja Pita Rp 5.000.000
  • Banner & dekorasi toko Rp200.000

Berdasarkan uraian di atas, maka bisa disimpulkan besaran modal awal yang perlu Anda siapkan untuk membuka usaha toko pita adalah sekitar Rp 8.050.000.

Jika menurut Anda angka ini terlalu besar, tak perlu khawatir. Anda masih bisa memangkasnya menjadi jauh lebih kecil. Misalkan mencari tempat yang murah harga sewanya, mengurangi kuantitas stock pita atau menghemat biaya dekorasi toko.

Besaran modal awal ini erat kaitannya dengan skala bisnis toko pita yang ingin Anda mulai. Jika Anda berniat membuka toko di skala usaha kecil, maka dengan modal kecil saja Anda sudah bisa memulainya dan sebaliknya.

Atau jika Anda ingin usaha penjualan pita ini menjadi bisnis tanpa modal, Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller. Jadi yang Anda lakukan adalah mendagangkan barang milik orang lain secara online bermodalkan foto produk saja. 

Modal Bulanan Usaha Toko Pita

  • Sewa Tempat Rp 1.000.000
  • Karyawan (jika ada) Rp1.000.000
  • Restock pita Rp 2.500.000
  • Biaya Listrik Rp 200.000

Dapat dilihat dari rincian di atas, modal bulanan atau biaya operasional yang perlu Anda keluarkan untuk menjalankan usaha toko pita adalah Rp 4.700.000.

Memang jika pilihan model bisnis Anda adalah membuka sebuah toko, bukan menjadi reseller atau dropshipper, maka Anda tak bisa berharap bisnis tersebut menjadi sebuah usaha tanpa modal. Akan selalu ada biaya operasional yang perlu dikeluarkan tiap bulannya.

Peluang Usaha Toko Pita

Perhitungan Keuntungan Usaha Toko Pita Per Bulan

Penggunaan pita sebagai dekorasi ruangan atau hiasan kado sudah sangat umum dilakukan. Malah terasa ada yang kurang jika sebuah hadiah bertema manis dan cantik tanpa menggunakan ornamen pita.

Maka dari itu memulai bisnis toko pita bisa jadi ide usaha yang menjanjikan. Mungkin Anda juga bisa menambah tawaran jasa membungkus kado untuk menambah potensi keuntungan yang di dapat.

Jika Anda penasaran berapa kira-kira untung yang diberikan oleh usaha toko pita dalam sebulan, maka mari kita coba menghitung penghasilannya sekarang.

Misalkan dalam sehari Anda bisa menjual rata-rata 15 roll pita seharga Rp12.000. Maka dalam 1 bulan, penghasilan kotor yang bisa Anda kantongi adalah sebesar Rp 5.400.000.

Menghitung Keuntungan Usaha Toko Pita Per Bulan

Jika Anda ingin mencari berapa keuntungan bersih, maka Anda bisa mendapatkannya dari menghitung selisih antara penghasilan kotor dengan biaya operasional bulanan.

Seperti yang sudah didapat dari hasil perhitungan keuntungan kotordi atas,bisnis Toko Pita dalam 1 bulan bisa menghasilkan Rp 5.400.000. Sedangkan dari hasil menghitung modal bulanan, kita tahu biaya bulanan untuk operasional bisnis ini adalah Rp4.700.000. 

Dari data tersebut, cara menghitung pendapatan bersih bisnis toko pita per bulan adalah:

Rp 5.400.000 – Rp 4.700.000 = Rp 700.000.

Estimasi Kapan Balik Modal Bisnis Toko Pita

Selanjutnya pasti Anda penasaran, kapan kira-kira bisa balik modal? Anda bisa mencari tahu hal ini dengan cara membandingkan modal awal  dengan keuntungan bersih yang di dapat tiap bulan.

Di atas kita sudah bahas total modal awal bisnis Toko Pita adalah Rp 8.050.000, sedangkan keuntungan bersih per bulannya adalah Rp700.000. Maka jangka waktu yang dibutuhkan agar usaha toko pita Anda balik modal adalah sekitar 1 tahun. Anda juga bisa mempercepatnya dengan berusaha menaikkan omzet penjualan per bulannya.

Dapatkan Sekarang

Pelatihan : Pemilihan Lokasi Usaha yang strategis

Pemilihan lokasi usaha sangat berpengaruh pada penjualan produk anda, Pada pelatihan ini anda akan mengetahui bagaimana cara menganalisa kelayakan sebuah lokasi usaha