Modal Usaha Toko Jaket dan Perkiraan Keuntungan

Outer berupa jaket menjadi salah satu item fashion yang wajib ada di lemari. Di samping alasan estetika, fungsinya untuk melindungi tubuh dari udara dingin juga cukup penting, sehingga tidak melihat kalangannya, semua orang pasti mempunyai setidaknya satu jaket di rumah.

Alhasil, bisnis toko jaket masih terus menjanjikan hingga saat ini. Jadi jika di kepala Anda ada ide usaha untuk membuka toko jaket sendiri, maka tak ada salahnya untuk segera direalisasikan.

Nah mungkin pertanyaannya, berapa modal yang harus dikeluarkan?

Perkiraan total Modal untuk membuka toko jaket adalah sekitar Rp 26.350.000. Dengan rincian estimasi modal awal sebesar Rp 19.150.000 dan modal untuk operasional setiap bulanannya sekitar Rp 7.200.000.

Pada tulisan kali ini kami akan menjelaskan mengenai modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha toko jaket. jika Anda tertarik untuk merealisasikan ide usaha Toko Jaket maka Anda perlu menyimak penjelasan kami hingga selesai.

Modal Awal Usaha Toko Jaket

  • Sewa Tempat (Bulan Pertama) Rp1.000.000
  • Meja dan kursi Rp350.000
  • Rak dan gantungan Rp2.300.000
  • Belanja Jaket Rp 15.000.000
  • Plastik kemasan/packing Rp100.000
  • Banner dan aksesoris toko lain Rp400.000

Setelah dijumlah, maka perkiraan total modal awal yang perlu Anda keluarkan untuk memulai bisnis Toko Jaket adalah sekitar Rp 19.150.000.

Anda masih bisa memangkas angka ini dengan menyesuaikan beberapa hal, seperti mengurangi kuantitas belanja jaket, meminimalisir hiasan toko atau mencari tempat yang harganya lebih murah.  Sehingga Anda bisa memulai dengan modal kecil.

Baca juga : peluang usaha rumahan untuk pria

Modal Bulanan Usaha Toko Jaket

  • Sewa Tempat Rp 1.000.000
  • Karyawan (jika ada) Rp1.000.000
  • Restock Jaket Rp 5.000.000
  • Biaya Listrik Rp 200.000

Dari hasil menghitung modal seperti ini, Anda sekarang mengetahui biaya operasional bulanan untuk menjalankan usaha toko jaket adalah sebesar Rp 7.200.000.

Angka ini juga bisa dipangkas jika usaha ini dilakukan menggunakan tempat sendiri bukan sewaan. Selain itu, jika Anda yang menjaga toko, biaya untuk menggaji karyawan bisa ditiadakan.

Tak mengapa Anda memulai usaha ini secara bertahap dari skala usaha kecil dulu. Lalu seiring pertumbuhan modal bisa terus ditingkatkan sehingga menjadi sebuah bisnis yang memberikan keuntungan besar.

Peluang Usaha Toko Jaket

Perhitungan Keuntungan Usaha Toko Jaket Per Bulan

Seperti sudah diketahui bahwa jaket adalah jenis pakaian yang umumnya dimiliki oleh semua orang. Selain untuk tujuan fashion, jaket juga punya fungsi krusial untuk melindungi tubuh dari udara dingin.

Oleh karena itu, bisa dikatakan demand untuk produk ini akan selalu ada. Tugas Anda adalah menyesuaikan barang dengan trend fashion yang ada saat ini. Cara Anda mengelola usaha pun harus diperhatikan.

Seperti yang Anda lihat dari hasil perhitungan di atas, usaha ini bukan jenis usaha tanpa modal. Jadi mungkin kurang cocok untuk yang sedang mencari model bisnis tanpa modal. Namun jika membicarakan keuntungan, toko jaket akan memberikan Anda keuntungan yang cukup.

Anda bisa coba menghitung penghasilan yang bisa didapat dari bisnis Toko Jaket tiap bulannya, sehingga Anda memiliki perkiraan seberapa potensial kah bisnis toko jaket untuk Anda jalankan.

Perhitungan keuntungan untuk usaha toko jaket bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

Misalkan dalam sehari Anda rata-rata penjualan adalah 5 jaket seharga Rp 150.000. Maka dalam 1 bulan (dikali 30 hari), Anda bisa mendapatkan penghasilan kotor sebesar Rp 22.500.000.

Menghitung Keuntungan Usaha Toko Jaket Per Bulan

Hitungan diatas belum dipotong dengan biaya operasional bulanan, artinya masih dalam bentuk keuntungan kotor. Jika Anda ingin mencari berapa keuntungan bersih yang bisa didapatkan dalam sebulan tinggal kurangi hasil di atas dengan biaya bulanan.

Seperti yang sudah kita hitung tadi, untuk operasional bulanan usaha toko jaket adalah Rp 7.200.000. Sementara itu estimasi keuntungan kotor bisnis Toko Jaket dalam 1 bulan adalah Rp 22.500.000.

Berdasarkan data tersebut maka pendapatan bersih yang bisa Anda dapat per bulannya adalah:

Rp 22.500.000 – Rp 7.200.000 = Rp 15.300.000.

Estimasi Kapan Balik Modal Bisnis Toko Jaket

Selanjutnya adalah kapan kira-kira Anda bisa balik modal dari bisnis toko jaket yang dijalankan? Cara mengetahui estimasi waktu balik modal bisa Anda lakukan dengan melihat berapa modal awal dan keuntungan bersih per bulannya.

Total modal awal bisnis Toko Jaket adalah Rp 19.150.000 dan keuntungan bersih per bulannya adalah Rp 15.300.000. Selama penjualan toko Anda konsisten, maka Anda bisa balik modal hanya dalam waktu 2 bulan.