Modal Usaha Toko Jahit dan Perhitungan Keuntungan

Rasanya tak mungkin manusia bisa keluar rumah tanpa pakaian sehelai pun. Kebutuhan sandang ini sudah ada sejak dahulu kala dan tidak mungkin berakhir begitu saja.

Nah selama kebutuhan manusia terhadap pakaian tetap ada, selama itu pula permintaan akan alat jahit juga tetap ada. Mungkin Anda sedang menyadari hal ini dan ingin membuka toko alat jahit sendiri. anda bisa mengembangkan usaha anda dan menjual jasa jahit secara online, sehingga bisnis jasa anda akan menjangkau seluruh indonesia. Nah di sini kami akan membantu Anda untuk mengetahui berapa modal yang dibutuhkan.

Meskipun bukan termasuk ide usaha tanpa modal. usaha toko jahit termasuk peluang usaha yang menjanjikan karena anda bisa menjual alat jahit juga anda bisa membuka jasa jahit sehingga toko jahit akan bisa menghasilkan keuntungan besar.

Modal Usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha toko jahit adalah Rp 25.000.000. Dengan rincian, Rp 21.000.000 untuk modal awal dan Rp 4.000.000 untuk modal bulanan.

Silakan berikut penjelasan mengenai modal toko jahit dan informasi lainnya yang Anda butuhkan ketika hendak membuka usaha kecil ini.

Modal Awal Usaha Toko Jahit

  • Sewa Tempat (Bulan Pertama) Rp3.000.000
  • Rak Kain Rp 1.500.000
  • Etalase Rp. 1.500.000
  • Belanja Perlengkapan Jahit Rp5.000.000
  • Belanja Kain Rp10.000.000

Dari rincian di atas kita dapat mengetahui modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis toko jahit hanyalah modal kecil yaitu berkisar Rp 21.000.000.

Modal ini bisa disesuaikan dengan skala bisnis toko jahit yang ingin Anda jalankan. Jika skala kecil modalnya akan jauh lebih kecil, dan jika Anda hanya membuka jasa jahit anda maka usaha jahit anda tergolong sebagai bisnis tanpa modal.

Modal Bulanan Usaha Toko Jahit

  • Sewa Tempat Rp 3.000.000
  • Karyawan (jika ada) Rp1.000.000

Nah di sini kita dapat mengetahui jumlah biaya operasional per bulan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis toko Jahit, yaitu sebesar Rp 4.000.000.

Tentu saja jika Anda tidak harus menyewa tempat dan menunda mempekerjakan karyawan, biaya operasional per bulannya akan jauh lebih kecil bahkan tidak ada sama sekali.

Peluang Usaha Toko Jahit

Perhitungan Keuntungan Usaha Toko Jahit Per Bulan

Kami telah sampaikan di atas bahwa tak mungkin rasanya kebutuhan sandang manusia akan punah. Kita selalu memerlukan pakaian untuk beraktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu perlengkapan jahit dari mulai kain hingga jarum akan terus dibutuhkan. Maka bisa disimpulkan demand-nya akan selalu ada selama manusia membutuhkan pakaian.

Apalagi jika Anda punya kenalan konveksi dan menjadi pemasok untuk perlengkapan mereka. Maka Anda bisa mendapatkan omzet yang lumayan besar dan konsisten. anda juga bisa menawarkan jasa anda secara online dengan market sosial media ataupun toko online anda bisa membuat toko jahit sebagai ide usaha online.

Bisnis jahit akan menghasilkan income dari toko peralatan jahit atau jasa jahit, bahkan bisa dua duanya. tetapi jika anda menyediakan usaha jasa jahit maka anda memerlukan keterampilan jahit untuk memulai bisnis.

Anda juga bisa mengetahui berapa besaran pendapatan kotor dengan menghitungnya berdasarkan perkiraan penjualan harian.

Misal dalam sehari Anda dapat menjual peralatan dengan rata-rata nilai penjualan Rp 150.000 dan jasa jahit Rp 50.000. Maka jika dikali 30 hari (1 bulan), jumlah penghasilan kotor dari toko jahit ini adalah Rp 6.000.000

Menghitung Keuntungan Usaha Toko Jahit Per Bulan

Selanjutnya adalah penjelasan tentang cara menghitung penghasilan bersih dari toko jahit.

Sebelumnya kita sudah tahu bahwa modal bulanan bisnis toko jahit adalah Rp4.000.000. Lalu penghasilan kotor per bulan adalah sebesar Rp 6.000.000.

Mengacu pada hasil tersebut, maka keuntungan bersih bisa Anda dapat dengan perhitungan keuntungan kotor – modal bulanan, yaitu  Rp 6.000.000 – Rp 4.000.000 = Rp  2.000.000.

Estimasi Kapan Balik Modal Bisnis Toko Jahit

Nah sekarang bagaimana caranya Anda tahu kapan bisnis bisa balik modal? Mudah saja, tinggal Anda bagi total menghitung modal awal dengan pendapatan bersih tiap bulannya. 

Total perhitungan modal awal Usaha toko Jahit Anda tadi adalah Rp 21.000.000 dan jumlah laba bersih Usaha toko Jahit Anda per bulannya adalah Rp  2.000.000. Jadi perkiraan Anda bisa balik modal dalam jangka waktu sekitar 11 bulan.