Modal Usaha Penulis dan Estimasi Keuntungan

Potensi seseorang untuk menjadi ahli di bidang yang mereka sukai cukup tinggi. Minimal jika mengerjakan sesuatu yang disuka, mereka akan tahan melakukannya dalam waktu yang lama.

Menulis adalah salah satu hobi yang banyak disukai. Entah itu menulis sebuah karangan fiksi, artikel atau sekadar caption di postingan Instagram. Namun jarang yang berpikir menulis yang mereka jadikan hobi tersebut bisa dijadikan sebuah ide usaha yang mendatangkan keuntungan besar.

Salah satu alasannya adalah ketidaktahuan mereka tentang modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis.    

Dari perhitungan yang kami lakukan, jumlah Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sebagai penulis adalah sekitar Rp 5.000.000. Dengan rincian Rp 4.500.000 untuk modal awal dan Rp 500.000 modal operasional setiap bulanannya.

Kok ada modalnya? Bukankah menulis adalah bisnis tanpa modal yang bisa dilakukan selama punya kreatifitas?

Bisa benar dan tidak, tergantung kondisi Anda saat memulainya. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak tulisan kami kali ini tentang perhitungan modal dan keuntungan usaha menulis.  

Modal Awal Usaha Menulis

Jika Anda ingin merealisasikan ide usaha sebagai penulis saat Anda tidak memiliki alat untuk menulis seperti laptop, maka Anda harus mengeluarkan modal untuk itu.

Anda tak membutuhkan laptop berspesifikasi tinggi jika kebutuhanmu hanya untuk menulis. Cukup membeli Notebook seharga Rp 4.500.000 saja kamu sudah bisa memulai sebagai penulis.

Jika Anda ingin modal Awal yang lebih kecil, mungkin Anda dapat mencari laptop yang lebih murah. Anda juga dapat membeli laptop bekas yang notabene memiliki harga jual yang dibawah rata-rata.

Atau Anda ingin menjadikan menulis sebagai usaha tanpa modal namun belum memiliki laptop, Anda bisa memanfaatkan dulu smartphone untuk menulis. Tinggal download dan install aplikasi menulis di sana dan Anda sudah bisa memulai karier penulis Anda.  

Modal Bulanan Usaha Menulis

Memang ada modal bulanan untuk menjadi penulis? Tentu saja ada, tanpa disadari walaupun hanya modal kecil Anda tetap harus mengeluarkan biaya bulanan untuk mendukung operasional bisnis menulis yang Anda lakukan.

Anda perlu akses internet untuk mencari referensi tulisan. Selain itu, device yang Anda gunakan dalam bisnis menulis ini juga membutuhkan daya listrik untuk bisa bekerja.

Nah jika dibuat rinciannya, modal bulanan yang dibutuhkan untuk bisnis menulis adalah sebagai berikut:

  • Biaya WiFi/Kuota Internet Rp 350.000
  • Biaya Listrik Rp 150.000

Setelah dijumlahkan maka modal bulanan yang perlu Anda keluarkan sebagai penulis adalah Rp 500.000.

Di luar hasil menghitung modal bulanan di atas, Anda juga bisa mengeluarkan biaya tambahan untuk mempromosikan jasa menulis Anda, jika model bisnis menulis yang Anda lakukan adalah menjual jasa.

Peluang Usaha Menulis

Perhitungan Keuntungan Usaha Menulis Per Bulan

Apakah peluang usaha dari menulis potensial? Tentu saja, namun seperti usaha lainnya, menulis juga bukanlah tipe usaha yang hasilnya instan.

Jika Anda menjual jasa menulis sebagai content writer, Anda harus bersabar mempromosikan diri dan membangun portofolio dulu sebelum akhirnya dapat client pertama.

Jika Anda menguangkan tulisan lewat blog, Anda harus bersabar hingga blog Anda bisa dimonetisasi.

Jika Anda memilih cabang bisnis menulis ini sebagai creative writer yang menulis novel dan lainnya. Anda harus bersabar dulu hingga buku pertama Anda diterbitkan. Atau jika Anda ingin mempercepatnya dengan menjadi penulis indie, Anda tetap harus bersabar hingga pembelian buka Anda menunjukkan hasil yang baik. 

Intinya, Anda tak bisa mengharapkan keuntungan instan dari menulis. Anda harus memulainya sebagai usaha kecil dulu dan terus berusaha mengembangkannya. Nah jika Anda ingin menghitung penghasilan yang mungkin Anda dapatkan, berikut perkiraannya.

Misalkan dalam sehari Anda memiliki 5 client yang masing-masing memesan 1 tulisan dengan bayaran sebesar Rp 20.000/tulisan. Maka dalam 1 bulan Anda bisa mendapatkan penghasilan kotor sebesar Rp 3.000.000 dari usaha menulis yang Anda lakukan.

Menghitung Keuntungan Usaha Menulis Per Bulan

Hitungan di atas masih berbentuk keuntungan kotor. Untuk mencari berapa keuntungan bersih yang Anda dapat tiap bulan, tinggal potong besaran keuntungan kotor di atas dengan biaya operasional bulanan.

Seperti yang sudah kami rincikan, perkiraan biaya operasional bulanan untuk bisnis menulis adalah Rp500.000 dan estimasi keuntungan kotoryang dihasilkan tiap bulannya adalah Rp 3.000.000.

Maka perkiraan pendapatan bersih yang bisa Anda dapatkan dari usaha menulis ini adalah:

Rp 3.000.000 – Rp 500.000 = Rp 2.500.000.

Estimasi Kapan Balik Modal Bisnis Menulis

Nah kapan kira-kira Anda bisa balik modal? Untuk mengetahui ini tinggal bagi saja harga laptop yang Anda beli sebagai modal awal dengan penghasilan bersih yang di dapat tiap bulannya.

Telah diketahui tadi modal awal untuk laptop adalah Rp 4.500.000 sedangkan keuntungan bersih Anda dari bisnis menulis adalah Rp 2.500.000. Maka Anda sudah bisa balik modal dari bisnis menulis hanya dalam waktu 2 bulan.