Modal Usaha Toko Keramik dan Perhitungan Keuntungan

Modal Usaha Keramik ~ Seperti yang kita tahu, keramik merupakan salah satu bahan bangunan yang digunakan sebagai lantai. Ragam motif dan teksturnya yang nyaman di kaki menjadikan bahan satu ini begitu diminati.

Nah pernahkah Anda berpikir berapa modal yang harus dikeluarkan ketika ingin memulai sebuah usaha keramik? Walau bukan bisnis tanpa modal, namun membuka toko yang menjual keramik bukanlah hal yang di luar jangkauan dengan prospek yang menjanjikan.

ide usaha modal kecil ini bisa anda lakukan secara online maupun offline, dengan membuka toko online dan membuat website usaha anda lalu memaksimalkan promosi produk anda dengan pengiklanan, anda bisa mendapatkan konsumen lebih banyak sehingga keuntungan anda juga bertambah. 

Estimasi total modal usaha yang Anda butuhkan untuk menjalankan usaha toko keramik adalah Rp 36.823.000. Dengan rincian, perkiraan modal awal sebesar Rp 29.000.000 dan modal bulanan Rp 7.823.000.

Jika Anda berniat memulai bisnis toko keramik, kami membagikan informasi lengkap dibawah ini terkait modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha keramik.

Modal Awal Usaha Toko Keramik

  • Sewa Tempat (Bulan Pertama) Rp3.000.000
  • 2 Buah Rak Besi (150x100x40) Rp1.000.000
  • Belanja Keramik Rp20.000.000
  • DP Mobil Pick Up Rp5.000.000

Jadi dapat diketahui estimasi jumlah modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis toko keramik adalah sebesar Rp 29.000.000.

Jika angka ini dirasa terlalu besar, Anda bisa mengurangi jumlah keramik yang dibeli di awal. Nantinya Anda bisa terus menambah stok dan variasi barang seiring perkembangan toko.

Modal Bulanan Usaha Toko Keramik

  • Sewa Tempat Rp 3.000.000
  • Karyawan (jika ada) Rp1.000.000
  • Angsuran Mobil Rp3.823.000

Sedangkan untuk biaya bulanan saat menjalankan bisnis toko keramik adalah sebesar Rp 7.823.000.

Angka ini juga bisa diperkecil jika Anda memulai dalam kondisi sudah memiliki tempat, apalagi sudah memiliki mobil pick up sendiri yang dibutuhkan untuk pengiriman. Menunda mempekerjakan karyawan juga bisa dilakukan untuk memangkas biaya bulanan.

Peluang Usaha Toko Keramik

Perhitungan Keuntungan Usaha Toko Keramik Per Bulan

Penggunaan keramik sebagai lantai sudah populer sejak lama. Walaupun tak jarang juga lantai rumah yang belum menggunakan keramik, entah itu karena alasan estetika atau keterbatasan biaya saat proses pembangunannya.

Kedua statement di atas jika diperhatikan adalah representasi dari prospek usaha keramik. Pertama penggunaan keramik cukup populer dan dianggap lebih baik daripada hanya lantai tembok.

Kedua adalah masih belum semua rumah yang menggunakan keramik untuk lantainya, di mana salah satu alasannya karena keterbatasan dana ketika pembangunan berlangsung. Artinya ketika sang pemilik memiliki dana yang cukup, mereka akan membutuhkan dan membeli keramik.

Ditambah lagi, pembelian keramik tak mungkin dalam jumlah sedikit. Untuk satu rumah saja bisa menghabiskan beberapa dus keramik tergantung luas rumahnya. Jadi bisa dibilang meskipun bukan ide usaha tanpa modal, usaha kecil ini mempunyai peluang bisnis yang menjanjikan dengan catatan faktor-faktor pendukungnya bisa terpenuhi.

Anda bisa juga membuat keramik menjadi ide usaha online dengan membuat website dan melakukan promosi di fbads, google ads, instagram ads dll. Sehingga anda bisa menjual secara online ke seluruh indonesia dan mendatangkan keuntungan besar di usaha keramik anda.

Jika ingin melakukan perhitungan berapa penghasilan bisnis toko keramik pada tiap bulannya, Anda bisa mengikuti contoh berikut ini:

Misal dalam seminggu Anda bisa menjual minimal satu lusin keramik dengan harga per dusnya Rp 200.000. Maka dalam 1 bulan, jumlah penghasilan kotor Anda adalah sebesar Rp 9.600.000

Menghitung Keuntungan Usaha Toko Keramik Per Bulan

Selanjutnya bagaimana cara menghitung penghasilan bersih per bulannya?

Jumlah modal bulanan yang perlu Anda keluarkan untuk menjalankan bisnis toko keramik adalah sebesar Rp7.823.000. Sedangkan perkiraan keuntungan kotor per bulannya adalah sebesar Rp 9.600.000.

Melihat data tersebut, Anda dapat mengetahui berapa pendapatan bersih yang didapat dalam 1 bulan dengan menghitung selisih keuntungan kotor dengan modal dalam 1 bulan.

Jadi jumlah pendapatan bersih dari bisnis toko keramik dalam 1 bulan adalah Rp 9.600.000 – Rp 7.823.000 = Rp  1.777.000

Estimasi Kapan Balik Modal Bisnis toko keramik

Lalu berapa lama kira-kira Anda bisa balik modal pada usaha keramik anda? Untuk estimasi balik modal, Anda dapat menghitungnya dengan mengacu pada total modal awal dan juga laba bersih dalam satu bulan.

Total perhitungan untuk menghitung modal awal usaha Toko Keramik adalah Rp 29.000.000. Sedangkan jumlah laba bersih dalam satu bulan adalah Rp  1.777.000. Jadi jika penjualan Anda konsisten diperkirakan Anda sudah bisa balik modal dalam jangka waktu 16 bulan.