Modal Usaha Baju bekas dan Perkiraan Keuntungan

Trend thrift shop mulai berkembang sejak tahun 90an yang naik bersama kepopuleran band grunge, Nirvana. Saat itu trend jual beli barang atau pakaian bekas ini selalu diasosiasikan dengan para hipster.

Di Indonesia sendiri kita sudah mengenal perilaku ini sejak lama, sebut saja pasar senen di Jakarta dan Gedebage di Bandung yang terkenal dengan pusat penjualan pakaian bekas.

Lalu di masa sekarang Thrift shopping atau dikenal juga istilah prelove kembali menjadi trend yang cukup populer di sektor fashion. Alhasil, menjadi penjual pakaian bekas bisa dimasukkan ke daftar ide bisnis untuk Anda eksekusi saat ini.

Anda bisa mulai memasarkan pakaian bekas pakai milikmu jika ingin berbisnis dengan modal kecil. Bahkan cara ini memungkinkan Anda memulai usaha tanpa modal sama sekali.

Namun tak menutup kemungkinan Anda langsung memulainya lebih serius, misalnya membuka toko baju bekas sendiri. Maka Anda perlu melakukan perhitungan modal sebelum memulainya.

Perkiraan jumlah Modal yang bisa Anda keluarkan untuk memulai usaha toko baju bekas adalah sekitar Rp 11.100.000. Dengan rincian Rp 7.900.000 untuk modal awal dan Rp 4.700.000 untuk modal operasional setiap bulannya.

Agar lebih jelas, kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung modal di atas. Selain itu, kami juga akan menyampaikan perkiraan untung yang bisa di dapat dari ide usaha baju bekas ini. Silakan disimak ini dia penjelasan lengkapnya.

Modal Awal Usaha Baju bekas

  • Sewa Tempat (Bulan Pertama) Rp1.000.000
  • Rak pajangan dan gantungan Rp1.500.000
  • Belanja Pakaian Bekas Rp 5.000.000
  • Plastik packing Rp100.000
  • Banner dan dekorasi toko Rp300.000

Sesuai rincian di atas, jumlah modal awal yang Anda perlukan untuk membuka usaha toko baju bekas adalah sekitar Rp 7.900.000.

Seperti yang kami katakan tadi, Anda bisa saja menjadikan usaha baju bekas ini sebagai bisnis tanpa modal. Jadi tak perlu lagi menyiapkan uang senilai angka di atas.

Namun masih ada kemungkinan untuk memperkecil jumlah modal awal dalam bisnis toko baju bekas ini. Misalnya Anda bisa mengurangi jumlah baju bekas yang dibeli atau mencari tempat dengan harga sewa lebih murah, lebih bagus lagi Anda sudah punya tempat sendiri.

Modal Bulanan Usaha Baju bekas

  • Sewa Tempat Rp 1.000.000
  • Restock Baju Bekas 2.500.000
  • Karyawan (jika ada) Rp1.000.000
  • Biaya Listrik Rp 200.000

Dengan modal seperti di atas, Anda sudah dapat memperkirakan berapa biaya bulanan yang harus disiapkan untuk operasional menjalankan usaha baju bekas. Setelah dijumlah, total biaya bulanannya adalah Rp 4.700.000.

Nilai operasional ini juga akan berkurang jika yang Anda gunakan adalah tempat sendiri bukan sewaan. Pun bisa lebih kecil ketika Anda menunda dulu mempekerjakan karyawan.

Peluang Usaha Baju bekas

Perhitungan Keuntungan Usaha Baju bekas Per Bulan

Seperti sudah kami sampaikan di atas, budaya menjual dan membeli baju bekas telah menjadi trend fashion. Jadi demand-nya ada dan bukan sesuatu yang aneh lagi seseorang memiliki ide usaha berjualan baju bekas.

Terlebih lagi, meskipun dipandang sebagai usaha kecil, namun usaha toko pakaian bekas ini sangat mungkin memberikan Anda keuntungan besar. Untuk memastikan ini, mari kita coba hitung perkiraan untung yang di dapat dari usaha ini.

Misalkan dalam sehari Anda konsisten menjual 10 pakaian bekas seharga Rp 25.000. Maka dalam 1 bulan, penghasilan kotor yang bisa Anda kantongi adalah  Anda bisa mengumpulkan penghasilan kotor sebesar Rp 7.500.000.

Menghitung Keuntungan Usaha Baju bekas Per Bulan

Sekarang mari menghitung penghasilan bersihnya. Caranya adalah dengan mencari selisih antara keuntungan kotor tadi dengan biaya operasional bulanan.

Tadi kita sudah mengetahui besaran biaya operasional untuk usaha Baju bekas per bulan adalah Rp4.700.000. Sedangkan estimasi keuntungan kotor yang bisa Anda dapat dari bisnis ini tiap bulannya adalah Rp 7.500.000.

Maka perhitungan keuntungan bersih yang bisa Anda dapat tiap bulan dari bisnis Baju bekas ini adalah:

Rp 7.500.000 – Rp 4.700.000 = Rp  2.800.000.

Estimasi Kapan Balik Modal Bisnis Baju bekas

Nah dengan melihat keuntungan bersih yang bisa didapat dari bisnis ini selama sebulan, kira-kira kapan usaha baju bekas Anda bisa balik modal? Mudah saja, tinggal cari dengan membagikan total modal awal dengan keuntungan bersih yang Anda dapat tiap bulan.

Total modal awal bisnis Baju bekas adalah Rp 7.900.000 dan keuntungan bersihnya Rp 2.800.000. Maka Anda sudah bisa balik modal di bisnis Baju bekas ini dalam jangka waktu 3 bulan saja.

Dapatkan Sekarang

Pelatihan : Pemilihan Lokasi Usaha yang strategis

Pemilihan lokasi usaha sangat berpengaruh pada penjualan produk anda, Pada pelatihan ini anda akan mengetahui bagaimana cara menganalisa kelayakan sebuah lokasi usaha