Modal Usaha Toko Pancing dan Perhitungan Keuntungan

Modal Toko Pancing ~ Pernah memancing? Atau Anda memang memiliki hobi dan bergabung ke komunitasnya? Jika iya, maka Anda bisa tahu bahwa banyak masyarakat dari berbagai kalangan menyukai aktivitas menangkap ikan dengan kail dan umpan tersebut.

Pasti untuk memaksimalkan pengalaman dalam hobi tersebut, mereka rela mengeluarkan dana untuk melengkapi peralatan yang digunakan. Karena itu meskipun bukan ide usaha tanpa modal, peluang usaha toko pancing patut dicoba karena menjanjikan keuntungan besar. Nah sekarang kira-kira berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka toko pancing?

Total Modal untuk usaha toko pancing adalah Rp 19.500.000. Dengan rincian, estimasi modal awal sebesar Rp 15.500.000 dan modal bulanan Rp 4.000.000.

Dari mana angka tersebut? Silahkan disimak penjelasan lengkap kami tentang modal usaha toko pancing berikut ini.

Modal Awal Usaha Toko pancing

  • Sewa Tempat (Bulan Pertama) Rp3.000.000
  • Rak Besi Rp 1.000.000
  • Etalase Rp. 1.500.000
  • Belanja Peralatan Pancing Rp10.000.000

Dengan menjumlah estimasi biaya diatas, maka dapat diketahui besar modal awal untuk memulai bisnis toko pancing adalah sebesar Rp 15.500.000.

Anda bisa sesuaikan besar modal untuk belanja peralatan pancing, berdasarkan jenis dan jumlah peralatan yang dibeli. Aturlah besarannya sesuai dengan skala bisnis toko pancing yang ingin Anda mulai.

Modal Bulanan Usaha Toko Pancing

  • Sewa Tempat Rp 3.000.000
  • Karyawan (jika ada) Rp1.000.000

Seperti rincian di atas usaha pancing hanya memerlukan modal kecil, biaya bulanan untuk menjalankan bisnis toko pancing adalah Rp 4.000.000.

Angka ini bisa diperkecil jika Anda sudah punya tempat sendiri dan menunda untuk mempekerjakan karyawan.

Peluang Usaha Toko Pancing

Perhitungan Keuntungan Usaha Toko Pancing Per Bulan

Memancing adalah satu hobi yang cukup awet peminatnya. Anda bisa coba keliling ke pinggir sungai dan tak jarang Anda akan menemukan orang sedang duduk menunggu ikan menggigit kail di sana.

Beralih ke kolam pemancingan, Anda bisa melihat pengunjungnya yang tak pernah sepi. Selain itu, coba buka YouTube dan cari para YouTuber yang mengunggah video aktivitas memancing mereka, Anda akan menemukan beberapa orang dengan view yang lumayan banyak dan konsisten.

Apalagi Anda tergabung ke komunitasnya, pasti Anda tahu bahwa penggemar aktivitas memancing selalu ada. Nah selain mengetahui hal tersebut, bergabung ke komunitas juga bisa membuka peluang lebih besar Anda bertemu dengan calon pembeli yang potensial. Sehingga usaha toko pancing juga bisa menjadi ide usaha online, anda bisa mencari komunitas memancing online dan memasarkan produk anda secara online kepada mereka. anda bisa membuka toko online dan bergabung sebagai dropshipper juga sehingga usaha kecil ini bisa juga menjadi ide bisnis tanpa modal.

Nah jadi bisa disimpulkan, demand atau permintaan terhadap usaha alat pancing masih terus ada. Jika ingin menghitung berapa kira-kira penghasilan dari bisnis toko perlengkapan pancing tiap bulannya, Anda dapat menghitung dengan cara berikut:

Misalkan Anda bisa menjual alat pancing rata-rata senilai Rp 250.000 sehari. Maka jika dihitung selama sebulan, usaha alat pancing anda bisa meraih penghasilan kotor sebesar Rp 7.000.000

Menghitung Keuntungan Usaha Toko Pancing Per Bulan

Tadi kita sudah menghitung penghasilan kotor, lalu berapakah penghasilan bersih per bulannya?

Anda bisa menghitungnya dengan mengurangkan penghasilan kotor terhadap biaya bulanan. Seperti yang diketahui tadi, jumlah modal bulanan untuk bisnis toko pancing adalah sebesar Rp4.000.000 dan penghasilan kotor Rp 7.000.000.

Maka perhitungan keuntungan bersih per bulan dari usaha pancing yang Anda jalankan adalah Rp 7.000.000 – Rp 4.000.000 = Rp  3.000.000.

Estimasi Kapan Balik Modal Bisnis Toko Pancing

Nah pasti Anda penasaran kapan Anda bisa balik modal ketika menjalankan bisnis toko pancing. Mudah saja, Anda bisa memperkirakannya dengan melihat besaran modal awal dan juga laba bersih yang didapatkan.

Tadi kita sudah hitung, total menghitung modal awal untuk usaha toko pancing adalah Rp 15.500.000 dan laba bersih bisnis alat pancing dalam satu bulan adalah Rp  3.000.000. Jadi jika melihat dari hasil perhitungan tersebut, perkiraan balik modal untuk bisnis toko pancing adalah sekitar 5 bulan saja.