Modal Toko Alat Tulis dan Perkiraan Keuntungan

Modal Toko Alat Tulis dan Perkiraan Keuntungan

Modal Toko Alat Tulis ~ Ide usaha toko alat tulis kini kian digandrungi banyak orang. Modal awal untuk mulai terjun di bidang toko alat tulis, tergolong cukup murah dengan modal kecil. Selain itu tak membutuhkan keahlian khusus dalam proses menjalankan usaha tersebut. Namun jika Anda ingin memulai bisnis tanpa modal, Anda bisa menjadi reseller dengan sistem online. Anda tak perlu gengsi atau malu jika memulai dari usaha kecil terlebih dahulu

Berapa sih kisaran untuk modal buka usaha toko alat tulis? Modal Usaha Toko Alat Tulis secara keseluruhan kurang lebih mencapai Rp 38.050.000. Dengan rincian modal awal berjumlah Rp 19.850.000 kemudian ditambah dengan modal bisnis operasional setiap bulan berjumlah Rp 18.200.000

Modal Awal Toko Alat Tulis

Sebelum buka toko alat tulis, Anda harus paham terlebih dahulu berapa besaran modal awal usaha tersebut sehingga bisa mempersiapkan. Rincian modal awalnya adalah :

  • Rak barang sebagai tempat penyimpanan barang Rp 2.000.000
  • Etalase untuk display Rp 1.500.000
  • Almari Buah 1 unit Rp 500.000
  • Kursi 5 unit Rp 250.000
  • Kalkulator Rp 600.000
  • Biaya sewa kios Rp 15.000.000

Sehingga jumlah keseluruhan untuk modal awal usaha yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 19.850.000.

Namun jika Anda sudah mempunyai lokasi sendiri, modal awal tentu akan berkurang karena tak perlu menyewa kios untuk buka usaha.

Modal Bulanan Toko Alat Tulis

Berikut rincian modal bulanan usaha toko alat tulis yang kira – kira harus Anda siapkan. Anda harus menghitung modal awal sedetail – detailnya ya.

  • Belanja alat tulis lengkap Rp 10.000.000
  • Biaya promosi dan iklan Rp 500.000
  • Nota usaha Rp 100.000
  • Biaya listrik dan air Rp 600.000
  • Kantong plastik Rp 2.000.000
  • Upah pegawai untuk 1 orang Rp 1.500.000
  • Biaya lain – lain Rp 1.000.000

Jadi Modal Bulanan Toko Alat Tulis adalah Rp 15.700.000

Baca Juga : 7 usaha rumahan bagi laki laki

Modal Tambahan Untuk Online

Usaha saat ini, harus ada dukungan promosi digital agar lebih cepat dikenal. Untuk itu membutuhkan modal tambahan untuk support kebutuhan promosi digital tersebut meliputi :

  • Modal Membuat Website Rp 1.500.000
  • Modal untuk Endorse Rp 1.000.000

Total modal tambahannya yakni Rp 2.500.000

Peluang Usaha Toko Alat Tulis

Perhitungan Keuntungan Toko Alat Tulis Per Bulan

Potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari menjalankan bisnis toko alat tulis bisa dikatakan lumayan besar. Mengingat alat tulis adalah kebutuhan pokok para pelajar yang tak ada matinya. Dari segi stok pun minim resiko karena alat tulis tak ada istilah busuk atau pun kadaluarsa.

Perhitungan keuntungan kotor yang bisa didapatkan per hari dari bisnis toko alat tulis bisa mencapai Rp 1.000.000 dan per bulan bisa mencapai Rp 30.000.000

Keuntungan Bersih Toko Alat Tulis Per Bulan

Dari potensi keuntungan kotor yang bisa didapatkan dari bisnis toko alat tulis berkisar Rp 30.000.000, Cara menghitung keuntungan bersih setiap bulan, Anda tinggal mengkurangkannya dengan biaya operasional per bulan yakni Rp 30.000.000Rp 18.200.000 = Rp 11.800.000. Dari menjalankan bisnis toko alat tulis, Anda bisa meraup keuntungan besar. Dari pendapatan tersebut, Anda bisa terus mengembangkan usaha toko alat tulis tersebut. Selain itu dalam menghitung penghasilan, juga diperlukan ketelitian agar tak merugi.

Estimasi Kapan Balik Modal Usaha Toko Alat Tulis

Perkiraan keuntungan bersih yang bisa didapatkan dari usaha toko alat tulis per bulan sekitar Rp 11.800.000. Jadi untuk bisa balik modal, setidaknya diperlukan waktu kurang lebih 4 bulan saja. Bisnis toko alat tulis menjadi salah satu pilihan yang direkomendasikan.

Cara Usaha Toko Alat Tulis Online

Memperluas pangsa pasar bisnis saat ini wajib memanfaatkan keberadaan toko online. Anda juga bisa membuka usaha toko alat tulis online melalui berbagai macam cara seperti :

Membuka usaha toko online di e-commerce

Di Indonesia, banyak marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka lapak jualan alat tulis online Anda.

Membuat Website

Untuk menciptakan kesan profesional pada bisnis toko alat tulis, Anda bisa membuat website agar para konsumen lebih mudah untuk mengenali bisnis tersebut lebih dalam. Keberadaan website juga mampu mendongkrak penjualan menjadi lebih signifikan.

Berjualan di sosial media

Para pebisnis modern ini tak lepas dari yang namanya media sosial. Media sosial juga dianggap tempat yang tepat untuk branding dan promosi usaha. Terlebih pengguna media sosial di Indonesia menyentuh angka jutaan pengguna.

Membuat Toko Online di E-Commerce

Demi memudahkan para pelanggan, Anda juga bisa nih membangun usaha toko melalui aplikasi android. Jadi para pelanggan bisa belanja melalui aplikasi tersebut dan mendapatkan informasi lengkap terkait produk yang dijual. sehingga anda bisa menjual produk anda secara online

Kesimpulan yang bisa diambil dari menjalankan bisnis alat tulis adalah sebuah bisnis dengan modal murah, bahkan ada yang bisa berjalan meski menjalankan usaha tanpa modal, dan sangat minim resiko untuk rugi karena semua alat tulis tidak ada istilah busuk maupun kadaluarsa. Agar bisnis toko alat tulis bisa berjalan dengan lancar, pemilihan lokasi juga sangat menentukan perkembangan usaha toko alat tulis Anda. Rekomendasi lokasi terbaik untuk buka toko alat tulis ialah lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus dan area perkantoran. Peluang usaha toko alat tulis langsung ramai didatangi pembeli akan jauh lebih besar. Selain itu, Anda juga bisa buka usaha toko alat tulis di rumah. Ide usaha online satu ini memang sangat layak untuk Anda pertimbangkan.