Modal Usaha Lilin Aroma Terapi dan Perhitungan Keuntungan

Modal Lilin Aroma Terapi ~ Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress selepas menjalani rutinitas. Ada yang berjalan-jalan dengan keluarga, maraton menonton serial TV di Netflix atau relaksasi menggunakan Lilin Aroma Terapi.

Nah untuk pilihan yang terakhir ini adalah opsi yang terbilang baru namun mulai banyak yang menggunakannya. Lilin aroma terapi membuat pikiran jauh lebih rileks dan bisa digunakan setiap Anda pergi tidur.

Meningkatnya trend penggunaan lilin aroma terapi akan selaras dengan naiknya permintaan pasar pada lilin tersebut. Alhasil menjadi salah seorang penjualnya merupakan ide usaha yang potensial.

Apakah bisnis ini bisa dilakukan dengan modal kecil?

Perkiraan jumlah Modal yang perlu Anda siapkan untuk menjual Lilin Aroma Terapi adalah sekitar Rp 13.400.000. Dengan rincian Rp 8.200.000 untuk modal awal dan Rp 5.200.000 modal operasional setiap bulanannya.

Bagaimana perhitungan modal yang dilakukan hingga menghasilkan angka tersebut? Lalu bagaimana cara menghitung keuntungannya? Apakah bisnis lilin aroma terapi ini bisa memberikan keuntungan besar?

Untuk menjawab semua itu kami telah membuat paparan di bawah ini. Silahkan disimak ini dia penjelasan tentang cara menghitung modal dan keuntungan bisnis lilin aroma terapi.

[ez-toc]

Modal Awal Usaha Lilin Aroma Terapi

Asumsikan cara Anda berjualan lilin aroma terapi adalah dengan membuka toko baik offline maupun online. Namun cara ini bukan pilihan tepat jika Anda ingin model bisnis tanpa modal. Karena Anda akan dituntut mengeluarkan sejumlah uang untuk memulainya. 

Perkiraan modal awal yang Anda butuhkan untuk merealisasikan ide usaha ini adalah sebagai berikut:

  • Sewa Tempat (Bulan Pertama) Rp1.000.000
  • Meja dan kursi Rp350.000
  • Etalase Rp 1.500.000
  • Belanja Stock Lilin Rp 5.000.000
  • Plastik packing Rp150.000
  • Banner dan dekorasi toko Rp200.000

Sesuai rincian diatas, jika dijumlahkan amak Anda mengetahui besaran total modal awal yang harus disiapkan untuk memulai usaha Lilin Aroma Terapi adalah Rp 8.200.000.

Pro Tips

Apabila Anda ingin memulai dengan modal kecil, maka Anda bisa mengurangi dulu nilai di beberapa poin. Misalkan Anda menghemat dengan mencari tempat yang lebih kecil dengan harga sewa lebih murah, atau menggunakan tempat milik sendiri.

Mengurangi dulu jumlah stock lilin yang dibeli juga bisa memangkas modal awal. Semuanya tergantung dari skala bisnis yang ingin Anda mulai. Skala bisnis besar memang membutuhkan modal yang besar. Anda bisa mulai dulu dari skala usaha kecil untuk permulaan.

Bahkan Anda bisa memulainya sebagai usaha tanpa modal, caranya dengan menjadi dropshipper dan menjual lilin aroma terapi secara online.

Modal Bulanan Usaha Lilin Aroma Terapi

Anda juga membutuhkan sejumlah modal untuk operasional bulanan. Perkiraan uang yang harus Anda siapkan untuk modal bulanan adalah sebagai berikut:

  • Sewa Tempat Rp 1.000.000
  • Karyawan (jika ada) Rp1.000.000
  • Restock Lilin Rp 3.000.000
  • Biaya Listrik Rp 200.000

Dari hasil menghitung modal seperti ini, Anda punya pegangan bahwa operasional yang harus dikeluarkan tiap bulannya adalah Rp 5.200.000.

Jumlah ini juga akan otomatis lebih kecil jika Anda menggunakan tempat sendiri, sehingga biaya uang sewa untuk tempat usaha bisa ditiadakan. Selain itu, jika memungkinkan, Anda menunda dulu untuk mempekerjakan karyawan untuk meniadakan biaya gaji karyawan.

Peluang Usaha Lilin Aroma Terapi

Perhitungan Keuntungan Usaha Lilin Aroma Terapi Per Bulan

Usaha lilin aroma terapi cukup menjanjikan jika masyarakat masih menggunakan lilin tersebut di keseharian mereka. Anda bisa meningkatkan peluang usaha ini dengan memilih jenis lilin yang bentuknya modern dan unik serta mengemasnya dengan menarik.

Untuk gambaran prospeknya Anda bisa membuka marketplace dan melihat penjualan dari toko yang menyediakan lilin aroma terapi. Maka Anda akan melihat angka yang tidak kecil di sana.

Cara menghitung penghasilan kotor perbulan kita bisa mengambil contoh studi kasus. mari kita coba menghitung keuntungan yang mungkin Anda dapatkan dari bisnis lilin aroma terapi ini. Misalkan rata-rata penjualan Anda dalam sehari adalah 15 lilin dengan harga satuannya Rp 15.000. Maka dalam 1 bulan Anda bisa mengumpulkan penghasilan kotor sebesar Rp 6.750.000 dari bisnis Lilin Aroma Terapi.

Menghitung Penghasilan Usaha Lilin Aroma Terapi Per Bulan

Hitungan di atas merupakan perhitungan keuntungan kotor. Sementara untuk cara menghitung Keuntungan bersih perbulan, Anda bisa melakukannya dengan melihat sisa keuntungan setelah dikurangi biaya operasional bulanan.

Tadi kita sudah tahu bahwa biaya operasional bulanan untuk usaha Lilin Aroma Terapi adalah Rp5.200.000 dan estimasi keuntungan kotor per bulan sebesar Rp 6.750.000.

Maka perkiraan untuk pendapatan bersih setiap bulan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis Lilin Aroma Terapi adalah:

Rp 6.750.000 – Rp 5.200.000 = Rp 1.550.000.

Estimasi Kapan Balik Modal Bisnis Lilin Aroma Terapi

Lalu kapan Anda bisa balik modal dari usaha lilin aroma terapi ini? Bagaimana cara menghitung balik modal usaha? Jika melihat modal awal yang diketahui nilainya adalah Rp 8.200.000 dan keuntungan bersih yang bisa Anda dapat tiap bulan adalah Rp 1.550.000.  Maka Anda bisa balik modal dalam waktu 5 bulan saja.